spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panwascam Penajam Turut Awasi Tahapan Seleksi PPK

PPU – Menuju Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Penajam melakukan persiapan. Utamanya dalam hal pengawasan dan pencegahan sesuai dengan tahapan yang sudah terjadwal.

Ketua Panwascam Penajam, Amrizal menjelaskan pihaknya sementara ini telah melaksanakan 2 tahap pengawasan. Yaitu verifikasi keanggotaan partai politik (parpol) dan proses perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Kami diberikan akses, bahkan Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara diberikan undangan oleh KPU Penajam Paser Utara untuk mengawasi sesi tes tertulis calon PPK yang dilaksanakan di SMPN 021 Penajam. Maka dari itu KPU Penajam Paser Utara mendelegasikan kepada Panwaslu Kecamatan Penajam untuk ikut mengawasi,” ujarnya, Senin (12/12/2022).

Adapun sejak 29 Oktober sampai 7 Desember 2022, Panwascam se-PPU telah melaksanakan pengawasan verifikasi keanggotaan parpol. Terdiri dari 9 parpol, yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo),Partai Garuda, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Baca Juga:   Karena Pemilu, Jadwal Pilkades PPU Dipercepat

Untuk saat ini, sambungnya, Panwascam Penajam melaksanakan pengawasan proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pelaksanaan pengawasannya sudah sampai pada tahap tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

Amrizal menjelskan kegiatan seleksi tersebut diikuti oleh 78 orang peserta se-PPU. Dalam hal ini, pihaknya menyatakan bahwa selama proses pengawasan tes tertulis tidak mengalami kendala dalam pelaksanaannya.

Lebih lanjut, pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 menjadi tantangan tersendiri. Sehingga diperlukan beberapa langkah strategis dalam pengawasan dan pencegahan. Amrizal berharap agar pelaksanaan pemilu mendatang bisa berjalan dengan sukses dan berkualitas.

“Sifat strateginya ‘sih pencegahan, bagaimana Panwaslu Kecamatan Penajam memberikan imbauan terhadap potensi adanya dugaan pelanggaran kepada masyarakat, calon peserta dan tim kampanye,” tutupnya. (SI/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER