spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Otorita IKN dan Otorita Canberra Sepakati Komitmen Pengembangan Kota Nusantara

NUSANTARA – Kembangkan kerja sama dan sharing knowledge, Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) jalin kerja sama dalam MoU (Memorandum of Understanding) dengan Otorita Ibu Kota Canberra Australia (The National Capital Authority of The Commonwealth of Australia).

“Ini adalah capaian baru bagi kita (Otorita IKN) untuk bekerja sama dengan (Otoritas Pemerintah Ibu Kota) Canberra. Kami berharap kedepannya pertukaran pengetahuan bisa terjadi untuk hal-hal yang khusus dimiliki oleh kedua kota,” ujar Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono di Kedutaan Besar Australia Untuk Indonesia, Jakarta pada Selasa, (27/02/2024).

Sally Barnes, CEO of National Capital Authority of Australia antusias dengan kerja sama dengan Otorita IKN. “Pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan hijau menjadi daya tarik di abad ke-21, tentunya akan mendapat banyak dukungan dari masyarakat luas termasuk kami,” kata Sally.

Sally juga menambahkan berharap untuk bisa belajar banyak soal pembangunan berkelanjutan dan cerdas yang dicanangkan oleh Otorita IKN.

Foto: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat penandatangan kesepakatan kerja sama dengan Otorita Canberra, Selasa (27/2/2024). (Otorita IKN)

Senada, Deputy Head of Mission Australia Embassy for Indonesia Steve Scott melihat kerja sama kedua negara akan saling menguntungkan mengingat Indonesia-Australia telah banyak melakukan kolaborasi di berbagai bidang.

Baca Juga:   Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-22 PPU, Akmal Malik Apresiasi Kemajuan PPU dan Persiapan Serambi Nusantara

“Australia berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjatan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan Indonesia. Selain itu kami juga berharap mampu membangun institusi pendidikan seperti kami membangun Central Queensland University di Balikpapan,” ucap Steve.

Kerja sama ini meliputi pembangunan, promosi, dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan oleh kedua pihak. Canberra dengan perencanaan dan manajemen urban dinilai mampu menjadi mitra pembangunan bagi Nusantara. (*Rls/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER