spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Optimis Kampung Bahari Nusantara di Jenebora Dukung PPU Sonsong IKN

PPU – Kampung Bahari Nusantara (KBN) baru saja diresmikan di wilayah Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU). Pengumuman peresmian KBN ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Kepulauan Seribu, Senin (15/5/2023).

Pemerintah Kabupaten PPU turut hadir dalam peresmian tersebut melalui jalur daring atau secara virtual. Acara tersebut diadakan di Kelurahan Jenebora bersama dengan Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, beserta staf dan unsur Suspika Kecamatan Penajam hingga masyarakat Jenebora.

Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar, menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap wilayah yang mendapatkan program nasional ini. KBN di PPU diresmikan bersama dengan 68 KBN lainnya di seluruh Indonesia.

“Ditetapkannya Kelurahan Jenebora menjadi KBN hari ini menjadi sejarah bagi kita semua. Peresmian ini dilakukan secara langsung bersamaan dengan peresmian KBN di berbagai wilayah Indonesia oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” ungkapnya setelah acara.

Kehadiran KBN di wilayah pesisir Jenebora diharapkan dapat membawa perubahan dan sinergi yang semakin kuat di PPU. Terutama dalam hal kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Kabupaten PPU, dengan program klaster yang meliputi ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertahanan, dan pariwisata.

Baca Juga:   Perbasi PPU Fokus Tingkatkan SDM Olahraga Basket pada 2023

“Dengan penetapan menjadi KBN dalam lima program klaster ini, sangat sesuai dengan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Hal ini akan semakin memperkuat hasil dari program yang dijalankan oleh TNI Angkatan Laut dalam KBN di wilayah Jenebora, Kabupaten PPU,” jelas Tohar.

Selain itu, ia menyatakan bahwa kehadiran program ini di wilayah Benuo Taka juga akan memperkuat persiapan daerah dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN). Diharapkan akan membawa dampak ekonomi, terutama dalam hal akses laut yang akan menjadi sarana transportasi untuk mendukung pembangunan IKN.

“Oleh karena itu, partisipasi semua elemen masyarakat dalam menjaga keamanan di sepanjang pantai dan laut yang berdekatan dengan IKN, bersama dengan aparat keamanan, sangat diperlukan,” tegas Tohar.

Hal ini juga berkaitan dengan hadirnya 11 pelabuhan resmi untuk distribusi logistik pembangunan IKN. Tentunya hal tersebut diharapkan berjalan lancar di semua titik mobilisasi daya dukung untuk pembangunan IKN.

Termasuk juga dalam sektor kepariwisataan, Tohar menyampaikan bahwa laut dan sepanjang pantai memiliki berbagai potensi wisata. Pada akhirnya, wilayah pesisir di PPU, khususnya Jenebora, akan terdampak pertumbuhan ekonomi pariwisata.

Baca Juga:   Tak Dapat Penyertaan Modal, PAM Danum Taka Naikan Tarif Air

“Terlebih lagi di masa depan, dengan hadirnya banyak penduduk di IKN, pasti akan membutuhkan berbagai hiburan, salah satunya melalui potensi kelautan dan pantai kita,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER