spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mobilitas Penyeberangan Meningkat, Aparat PPU Tingkatkan Pengawasan

PENAJAM – Mobilitas penyeberangan Teluk Balikpapan dari Penajam Paser Utara (PPU) meningkat pada libur Natal dan tahun (nataru). Aparat gabungan melakukan patroli pengawasan di beberapa pelabuhan yang ada di Benuo Taka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) PPU Ahmad menerangkan, terjadi peningkatan jumlah pengguna jasa penyeberangan selama beberapa hari terakhir. Terhitung selama libur natal 2022, dan diprediksi hingga menjelang pergantian tahun hingga awal Januari 2023.

“Diprediksi mobilitas masyarakat melintas di pelabuhan kapal feri, kapal kayu (klotok) dan kapal cepat (speed boat) akan makin padat,” ujarnya, Rabu (28/12/2022).

Ia menyebutkan, salah satu faktor yang mendukung ialah karena ditiadakannya pengetatan aktivitas dari pemerintah menyangkut Covid-19. Selain itu, juga disebabkan mulai pulihnya putaran perekonomian masyarakat.

“Kalau perkiraan, peningkatannya mencapai 30 persen,” sebut Ahmad.

Berkaitan dengan ini, pihaknya berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait untuk mendirikan posko di beberapa titik. Ini sebagai upaya menjaga agar lalu lintas tetap tertib dan aman selama libur nataru.

Terpisah, Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kapolsek Penajam AKP Dodik Iriyanto mengatakan,  pengamanan kali ini mengedepankan patroli dialogis dengan tujuan menyampaikan pesan kamtibmas ke masyarakat.

Baca Juga:   Lebih Nyaman di Tempat Lama, Makmur Pilih Fungsikan Rujab Baru jadi Tempat Rapat

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kita gelar di area pelabuhan klotok Penajam. Ke warung serta pasar, pusat keramaian yang memiliki potensi gangguan kamtibmas dan objek vital juga menjadi sasaran patroli untuk menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat waspada dan antisipasi serta tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes). Ia mengharapkan peran serta masyarakat dalam menjaga  keamanan dan kesehatan dapat terus berjalan.

“Peran masyarakat sangat diharapkan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkungan pelabuhan. Jika menemui hal-hal yang mencurigakan dapat segera melapor ke kami,” tutupnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER