spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menuju 1 Tahun Pemilu 2024, KPU Gelar Kirab Keliling Indonesia Bawa Bendara Parpol

BONTANG – Setahun menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan aksi Kirab Pemilu 2024 di 7 titik di Indonesia yakni Aceh, Batam, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, NTT, Maluku. dan Papua, Selasa (14/2).

Di Kota Taman, KPU Kota Bontang bersama jajaran Forkopimda Bontang ikut menyaksikan live streaming Kirab Pemilu 2024 ini melalui chanel youtube resmi KPU RI di Kantor KPU Bontang.

Ketua KPU Bontang, Erwin menjelaskan kirab dilaksanakan di tujuh titik dikarenakan ada 7 komisioner KPU yang nantinya kirab berakhir di KPU RI. “Kirab dilepas di masing-masing daerah dengan disaksikan komisioner KPU RI,” kata Erwin kepada Mediakaltim.com, Selasa (14/2/2023).

Nantinya peserta kirab di masing-masing daerah, lanjut Erwin akan mengelilingi daerah di Indonesia dan finish di Kantor KPU RI.

“Nanti untuk kirab ini akan melewati Kaltara, ke Berau dan Kutim, kemduain masuk ke Bontang. Jadi masing-masing Kabupaten/Kota di Kaltim akan menyambut di perbatasan dan dilepas di perbatasan. Saat ini masih belum tahu jadwal di Bontang karena masih akan melihat jadwalnya,” beber Erwin.

Baca Juga:   PT STN Berikan Beasiswa Berprestasi Bagi 49 Siswa dan 3 Guru

Erwin menambahkan dalam kirab tersebut akan membawa bendera partai politik peserta pemilu. Tujuan kirab dimaksudkan sebagai sosialisasi dalam tahapan Pemilu hingga membangun integritas bangsa.

“Kirab kan’ untuk sosialisasi juga kepada masyarakat bahwa KPU sudah siap melaksanakan tahapan Pemilu dan kesiapan penyelenggara yang disampaikan ke masyarakat,” jelas Erwin.

Sementara, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari saat membacakan pakta integritas yang diikuti seluruh KPU Kabupaten/kota se-Indonesia melalui live streaming dan disaksikan dan diikuti Forkopimda Bontang.

“Dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu menyatakan akan berkomitmen untuk, mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Melaksanakan pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil,” jelasnya. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER