spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Marak Isu PHK Massal, Polres PPU Sinergi dengan Serikat Pekerja Kahutindo PT BFI

PPU – Dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Polres Penajam Paser Utara (PPU) bersinergi dengan serikat pekerja.

Beberapa waktu terakhir, ramai isu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di perusahaan yang bergerak pada industri kayu lapis atau plywood. Salah satunya ialah PT Balikpapan Forest Industri (BFI) atau sering disebut Korindo Group.

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Kahutindo PT BFI, Agus Salim menjelaskan berbagai isu-isu tidak sedap yang beredar. Khususnya terkait para pekerja di pabrik yang bertempat di Kelurahan Jenebora tersebut.

“Terkait isu rencana PHK massal adalah menjadi hal yang biasa bagi Kami sebagai pekerja, dan Kami menganggap isu-isu sudah sering terjadi. Sehingga Kami sudah terbiasa apabila mendegar isu-isu yang berkaitan dengan PHK,” terangnya, Minggu (16/4/2023).

Agus memaparkan kodisi saat ini pada industri perkayuan memang sedang kurang baik. Bahwa saat ini tengah menurunnya ekspor dan permintaan pasar kayu lapis.

Tentu hal itu membuat produksi pabrik PT BFI terhenti sebagian. Hal itu juga menurutnya wajar, apabila pihak perusahaan merumahkan pekerja atau melakukan PHK.

Baca Juga:   Distan PPU Perketat Pintu Masuk Jelang Iduladha 2023

“Asalkan dalam hal PHK, pihak perusahaan dapat memenuhi hak-hak para pekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Kendati demikian, Agus berharap semoga pasar internasional dalam hal kayu lapis dapat meningkat. Sehingga tidak ada lagi berhembus isu PHK maupun isu-isu tidak jelas, yang dapat mengganggu konsentrasi dan kinerja para pekerja di lapangan.

Sementara itu, sebagai instansi yudikatif, Polres PPU turut mengambil peran terhadap munculnya isu PHK massal ini. Dengan turut memberikan perhatian terhadap para pekerja di Bulan Ramadan ini.

Dalam hal tersebut, Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kasat Intelkam Polres PPU AKP Juwadi yang diwakilkan oleh Kanit 2 Sat Intelkam Polres PPU IPTU Hartono telah memberikan bantuan sembako. Penyerahan dilakukan secara simbolis pada Agus Salim selaku Ketua PUK SP Kahutindo PT BFI.

“Kami berharap pada serikat pekerja beserta jajarannya untuk dapat bersinergi dengan pihak kepolisian khususnya Polres PPU dalam memelihara situasi kamtibmas. Agar tercipta situasi yang aman dan kondusif di wilayah PPU, serta mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku,” pungkasnya. (*/SBK)

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU: Peraih Gender Champion Bidang Pertanian, Ajak Kaum Perempuan Bertani
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER