spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Makan Boga Bahari Sepuasnya di Pembukaan Festival Seafood 3 Babulu Laut

PPU – Tak kurang dari 2 kuintal hasil laut (boga bahari) masyarakat Babulu Laut disajikan gratis pada Pembukaan Festival Seafood ketiga, Rabu (15/2/2023). Semarak para undangan dan pengunjung langsung menyerbu meja berisi hidangan olahan kepiting, kerang dan udang tersebut tak kurang dari 30 menit.

Event yang diinisiasi pemuda dan masyarakat Desa Babulu Laut ini menyambung gelaran tahunan sejak 2018 lalu. Acara akan digelar selama 4 hari atau hingga 18 Februari mendatang.

“Setelah pembukaan secara resmi festival seafood kali ini, Kami menyapkan hidangan seafood yang bisa dinikmati sepuasnya, dengan gratis,” ujar Kepala Desa Babulu Laut Ismail Subli.

Momen ini dijadikan sebagai satu pembuktian bahwa ini memang pantas disebut sebagai daerah penghasil utama perikanan di Penajam Paser Utara (PPU). Pun, ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat setempat terhadap berkah yang diberikan pada desanya. “Inisiator kegiatan menyiapkan sebanyak dua kuintal seafood, itu diperkirakan cukup untuk 400 orang yang hadir,” sambungnya.

Meski dimulai pertama kali pada 5 tahun lalu, adanya festival ini sempat tertunda 2 tahun berturut. Penyebabnya lantaran adanya situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga:   Reses Adji Noval: Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Dasar Masyarakat

Subli memastikan kedepannya jika memungkinkan pihaknya akan terus menyelenggarakan event ini di setiap tahunnya. Untuk mempertegasnya, Pemdes beserta Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Babulu Laut juga tengah berprogres menerbitkan peraturan desa (perdes).

“Jadi ke depan, kegiatan ini menjadi event resmi. Nanti dalam perdes yang masih digodok ini juga terdapat kepastian tanggal, agar masuk menjadi kalender pariwisata PPU bahkan Kaltim,” jelasnya.

Setidaknya, lebih 35 UMKM terlibat untuk menjajakan produknya dalam acara yang bertempat di Lapangan Sepakbola Babulu Laut ini. Juga puluhan penggiat seni dan sekolah turt ambil bagian dalam mengisi panggung pertunjukkan sepanjang acara nanti.

“Kami juga berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk mempromosikan desa dan produk masyarakat. Semoga acara ini dapat terus membawa manfaat bukan hanya untuk desa, tapi juga untuk Kabupaten PPU,” tutup Subli. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER