spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU PPU Mulai Pendaftaran Bacaleg, Minta Parpol Rajin Koordinasi

PPU – Penerimaan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Penajam Paser Utara (PPU) telah dibuka. Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU minta partai politik (Parpol) rajin berkoordinasi.

Pembukaan pendaftaran anggota legislatif untuk Pemilu 2024 dimulai hari ini hingga 14 Mei 2023 mendatang. Kelanjutan tahapan sebelumnya, pengumuman pengajuan bacaleg sejak 24 April sampai 30 April 2023 kemarin.

“Tahapan pengajuan bakal calon DPRD Kabupate PPU dimulai tanggal 1 sampai dengan 14 Mei 2023,” ujar Komisioner KPU PPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Tono, Senin (1/5/2023).

Dalam hal ini, pihaknya sebelumnya telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholder dan pengurus parpol di terkait persiapan pencalonan. Adapun KPU PPU juga telah membuka helpdesk (meja bantu) di kantor KPU PPU. Untuk melayani pengurus parpol yang ingin berkonsultasi terkait aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon) dan pencalonan anggota DPRD.

“Rakor tanggal 28 April kemarin, lalu 29 dan 30 KPU PPU mempersilahkan admin dan operator Silon untuk mengajukan aktivasi akun silon,” jelasnya.

Baca Juga:   Trail Community PPU Gelar event Trabas Keliling Penajam #5, Kenalkan Sirkuit Baru di Serambi Nusantara

Dari 19 calon peserta Pemilu 2024, hngga kini baru sebagian saja yang melakukan komunikasi dan mengajukan aktivasi. Diantaranya PKS (sudah aktivasi), Perindo (sudah aktivasi), PSI (sudah aktivasi), HANURA (sudah aktivasi) serta PAN dan NASDEM.

Terkait aktivasi ini tidak ada ketentuan, karena beberapa parpol bisa saja dihandle oleh admin atau operator di tingkat pusat saja atau propinsi. Meski begitu, Ketua KPU PPU, Irwan Sahwana meminta pengurus parpol di PPU untuk komunkatif sejak awal tahan pencaftaran ini.

“Saya berharap agar rekan rekan partai politik peserta Pemilu tahun 2024, sering komunikasi dan berkoordinasi dengan KPU PPU terkait persyaratan pendaftaran biar tidak mis informasi. Sehingga tidak ada berkas pendaftaran yangg dikembalikan karena tidak lengkap saat upload berkas melalui Silon,” tutupnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER