spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kendala Disbudpar PPU dalam Pengembangan Wisata Lokal

PPU – Objek wisata di Penajam Paser Utara (PPU) semakin menjadi pilihan tujuan liburan. Namun begitu, pekerjaan rumah (PR) yang mesti dituntaskan juga masih banyak.

Musim libur lebaran kunjungan wisata di PPU diyakini mengalami peningkatan. Tapi, masyarakat lokal yang melakukan perjalan ke luar daerah, seperti ke Kota Balikpapan untuk berlibur juga bertambah.

Pun itu bukan hal baru. Mereka ke daerah berjuluk Kota Minyak itu khususnya untuk berwisata belanja.

Hal itu juga disadari dan diakui oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) PPU. Melalui Sekretaris Disbudpar PPU Achmad Noor menyampaikan bahwa hal yang dilakukan masyarakat PPU itu sudah hampir menjadi kebiasaan.

“Saya sempat bertanya kepada masyarakat, mereka menjawab kita ke Balikpapan bukan hanya berwisata saja tapi juga sekalian berbelanja,” ucapnya, Jumat (27/4/2023).

Dalam hal ini, pihaknya telah memiliki program wajib dalam bentuk inovasi-inovasi terhadap wisata yang berada di PPU. Menjawab berbagai PR besar itu, utamanya mengordinir dengan baik destinasi yang ada.

“Memang masih banyak wisata PPU yang belom kita koordinir secara utuh. Karena terkadang terkendala oleh lahan, yang dimana banyaknya masyarakat bertempat tinggal di area wisata tersebut,” jelas Achmad.

Baca Juga:   Masa Karantina, Porsi Latihan Paskibraka PPU Mulai Ditingkatkan

Di satu sisi, Disbudpar PPU berlaku hanya sebagai regulator bukanlah eksekutor. Jadi, tetap perlu ada kerjasama antara pemerintah dan pihak-pihak lainnya.

“Kami ini hanyalah regulator bukan sebagai eksekutor. Memang Kami perlu adanya kerjasama antar pihak lain, agar wisata-wisata di PPU pengelolaannya lebih maksimal,” tegasnya.

Lebih lanjut, Achmad berharap Disbudpar PPU mendapatkan dukungan pula dari masyarakat dalam memajukan wisata di PPU. Salah satunya yakni dengan melalui promosi dengan pola mengupload di media sosial. Agar masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu.

“Harapanya adanya kerjasama masyarakat untuk bisa membantu mempromosikan wisata-wisata di PPU,” pungkasnya. (NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER