spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Nataru, Beberapa Komoditas di Pasar Petung Mulai Alami Kenaikan Harga

PPU – Mendekati Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), sebagian harga pangan di Penajam Paser Utara (PP) mengalami perubahan harga. Terutama pada komoditas sembilan bahan pokok (sembako), beberapa jenis ikan, daging ayam dan sapi.

Seperti yang diungkapkan salah satu pedagang di Pasar Petung, Ani Suparti. Beberapa produk sayuran dagangannya masih stabil, seperti cabai dan tomat. Namun ada beberapa jenis saja yang mulai merangkak naik, seperti halnya sayur hijau.

“Untuk harga cabai tomat masih stabil dari awal desember sampai saat ini, hanya jagung saja yang mulai naik dikarenakan kurang panen. Untuk sayuran hijau tergantung stok terkadang karena kondisi iklim membuat gagal panen yang akhirnya membuat sayuran itu menjadi langka dan harganya naik,” terang dia, Kamis, (15/12/2022).

Untuk kenaikan yang siginifikan ialah beras. Kenaikan harga bahan pangan utama ini terbilang kecil. Bamun sejak sepekan lalu selalu saja mengalamai kenaikan harga.

“Sembako mulai naik dari satu minggu terakhir ini, seperti beras yang perhari naik seribu per-kilo nya, untuk sembako yang lain juga naik namun dengan harga yang bervariasi,” ucap Amar salah satu pedagan lainnya.

Baca Juga:   Pemkab PPU Lakukan Upaya Percepatan Realisasi Pembangunan Fisik DAK dan APBD 2024

Senada, Sunarto, seorang penjaja daging ayam menyebutkan kenaikan juga terjadi pada produknya. Pekan lalu, harga sekilogram daging ayam dibanderol dengan harga Rp 36.000, saat ini sudah seharga Rp 38.000.

“Kenaikan harga itu baru dimulai dari 4 hari yang lalu. Stok mungkin aman, tapi terkait kenaikan harga ya kita mengikuti harga pasar. Di mana perhari nya naik seribu untuk perkilo,” tutupnya. (SI/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER