spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jalur IKN Masuk Prioritas Pengamanan Operasi Ketupat Polres PPU

PPU – Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini masuk dalam daftar titik fokus pengamanan Operasi Ketupat Polres Penajam Paser Utara (PPU). Termasuk dalam beberapa titik yang akan didirikan pos pengamanan.

Pengamanan arus mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah menjadi prioritas rutin dalam pembahasan persiapan pengamanan wlayah. Beberapa yang diantisipasi dalam mudik tahun ini mulai dari jalur pemudik, khususnya yang rawan kemacetan, kecelakaan lalu lintas, hingga tempat-tempat keramaian.

Wakapolres PPU Kompol Bergas Hartoko mengatakan jalur yang akan damankan ialah jalan lintas yang membelah di sepanjang kabupaten. Mulai dari pintu masuk di Kecamatan Penajam dan Babulu.

“Ada beberapa tempat yang dilakukan pengamanan dan ada pos. Mulai dari pelabuhan, di Tunan (Petung) dan lainnya,” sebutnya.

Posko pengamanan, pelayanan dan posko terpadu, akan didirikan di lokasi tersebut sejak seminggu sebelum lebaran hingga sepekan setelah lebaran. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, lokasi tersebut dianggap cukup rawan terjadi kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas.

Selain di lokasi rutin itu, terbaru pengamanan juga dilakukan di jalur yang ada di Kecamatan Sepaku, khususnya di pusat pembangunan IKN.

Baca Juga:   Fenomena Banjir dan Pembangunan IKN

Musababnya, dikaji tahun ini prediksi kendaraan yang melintas di jalur itu cukup tinggi. Mengingat akses yang ada di sana telah ditingkatkan. Tentunya tak sedikit yang menganggap dapat mempercepat jarak tempuh dari PPU ke arah Samboja.

“Di (jalur) IKN diprediksi akan banyak digunakan untuk jalur mudik tahun ini,” sebutnya.

Di sana, Bergas mengatakan akan didirikan posko pengamanan. Akan ditempatkan di beberapa titik di Sepaku, salah satunya yakni di Titik Nol IKN.

Fokusnya sama, mengantisipasi terjadi kepadatan. Selain dari kendaraan, juga pengunjung yang ingin melihat Titik Nol IKN. Seperti di pos lainnya, personel juga akan berjaga selama 24 jam.

“Di Sepaku posko pengamanan kita pusatkan di titik nol,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER