spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ini Cara Baca 669 e-Book di iPasermas

PASER – Terobosan dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser, dengan menghadirkan aplikasi perpustakaan digital. Tujuannya tentu mempermudah pembaca, karena lebih efisiensi waktu bisa diakses di mana dan kapanpun.
Tinggal berselancar pembaca dapat memilih buku yang ingin dibaca. “Total ada 669 buku elektronik yang tersedia,” kata Kepala Bidang Akuisisi dan Layanan Pustaka DKP Kabupaten Paser, Ningsih.
Ratusan buku elektronik itu dibagi dalam beberapa kategori, mulai pelajar, umum hingga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Adapun kategori bukunya mulai kesenian, agama, filsafat, teknis dan arsitektur, hukum, pertanian, perkebunan, dan kelautan.
Tersedia pula buku bahasa dan sastra, sosial, ilmu terapan, matematika, sains, ekonomi, pariwisata, tata boga, tata busana, kehutahan, psikologi, statistik hingga kesehatan.

“Dari 669 e-book (elektronik buku) itu judulnya berbeda. Jadi satu buku satu judul,” sambung Ningsih yang diiyakan Operator Aplikasi Digital DKP Paser, Nina Septian Dini.
Untuk menikmati fasilitas perpustakaan digital, pembaca lebih dulu mengakses laman https://kubuku.id/download/ipasermas. Lantas akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi iPasermas hingga berlanjut mendaftar menjadi anggota.

Baca Juga:   Polres Paser Tak Terlibat Langsung Pengamanan Pembangunan IKN Nusantara

Karena tak ada judul yang sama, pembaca yang tak bisa mengakses buku yang dipilih, harus menunggu hingga selesai dipinjam anggota lain.

“Membaca e-book dibatasi sampai tujuh hari saja. Selebihnya akan otomatis kembali pada daftar buku yang dapat dibaca member lain,” urai dia.
Pengadaan perpustakaan digital dengan 669 buku elektronik menelan anggaran Rp 58 juta, bersumber dari APBD Kabupaten Paser 2022. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER