spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HPI Yakin Destinasi Goa Tapak Raja Menjadi Wisata Masa Depan IKN

PPU – Goa Tapak Raja Kecamatan sepaku Penajam Paser Utara (PPU) di yakini akan menjadi wisata masa depan Ibu Kota Negara (IKN) yang dimana lokasi teraletak di wilayah IKN Sepaku.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) PPU, Khisbullah, menyampaikan bahwa pada saat kunjungannya bersama ketua HPI Provinsi ada beberapa fasilitas belum terpenuhi bagi para wisatawan yang berkunjung seperti akses jalan utamanya.

“Ada beberapa akses yang dianggap penting, yaitu akses jalan bagi para pengunjung yang ingin datang ke goa tersebut,” ujarnya, Selasa (13/6/2023)

HPI PPU inginkan adanya sentuhan dari pemerintah PPU terhadap Goa Tapak Raja tersebut, mengingat Goa Tapak Raja ini akan menjadi salah satu destinasi IKN mendatang bahkan akan menjadi wisata masa depan. Bukan hanya sentuhan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saja yang diharapkan dimana diketahui pihak Desa bersama KLHK sudah melakukan kroscek terhadap goa tersebut.

“Kita sangat inginkan adanya sentuhan khusus oleh pihak pemerintah PPU terkait fasilitas yang ada, melihat Goa tersebut sangat berpotensi menjadi wisata masa depan terhadap datangnya IKN. Selama ini bantuan hanya dari pihak KLHK,” ungkapnya

Baca Juga:   PPU Siapkan Status Siaga 1 Darurat Bencana Kekeringan

Diketahui selama ini hanya pihak dari KLHK yang terus melakukan pendampingan terhadap pemerintah Desa Wonosari yang dimana dalam pengembangan serta pemulihan Goa Tapak Raja yang akan dijadikan sebagai destinasi wisata PPU.

“Pendampingan terus dilakukan oleh pihak KLHK kepada desa wonosari dalam pemulihan Goa Tapak Raja, dengan mendata hewan serta tumbuhan yang berada diwilayah Goa Tapak Raja,” jelasnya

Harapan dari HPI PPU agar adanya pembuatan akses dari jalan utama sampai dengan jalan masuk tapak raja yang dimana sampai saat ini belum ada jalur alternatif sehingga pengunjung harus bolak balik untuk masuk dan keluar dari desa wonosari.

“Kami berharap adanya jalan akses jalan yang menjadi jalur pintu keluar masuk Goa tapak raja, selama ini tidak ada jalur alternative tersebut yang dimana goa ini akan menjadi destinasi wisata IKN,” tutupnya. (NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER