spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Haul Solo Ke-111 di PPU Dihadiri Ratusan Jamaah

PPU – Majelis Ta’lim Asy-Syifa Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan acara puncak Haul Solo yang ke-111. Agenda tersebut merupakan agenda tahunan rutin yang digelar tiap tahun.

Seperti di sana, di PPU pada puncak perayaan Selasa (15/11/2022) bertepatan dengan 22 Rabiul Akhir 1444 Hijriah juga turut merayakan peringatan tersebut. Dilaksanakan di Pendopo Majlis Ta’lim Asy-Syifa, Jalan Provinsi Kilometer 3, PPU.

Pada umumnya, Haul Solo yang memperingati hari wafatnya Al-Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi ini diadakan di Komplek Masjid Arriyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah (Jateng). Acara haul tersebut biasanya dihadiri oleh jamaah dari seluruh penjuru tanah air dan para ulama dari luar negeri seperti Yaman, Singapura dan Malaysia.

“Di Hadramaut juga diadakan peringatan yang sama hari ini, di Kota Solo juga diadakan hari ini, dan di Penajam Paser Utara juga di adakan hari ini. Jadi sama saja mau menghadiri yang mana”, Kata Habib Hasan Al-Habsyi, selaku pemberi tausyiah pada acara haul tersebut.

Baca Juga:   Ali Yamin Ishak Terpilih Sebagai Ketua KPU PPU, Siap Sukseskan Pilkada Damai dan Jurdil
Habib Hasan Al-Habsyi (Penceramah pada kegiatan Haul Solo di Kab. PPU).

Acara ini dimulai selepas waktu salat dzuhur. Diawali dengan pembacaan maulid simthudurror (maulid habsyi), dilanjutkan dengan tausyiah, tahlil dan doa dengan didasari rasa cinta terhadap Rasulullah SAW dan para ulama.

“Kalau di Hadramaut acara haul ini, biasa dimulai setelah salat ashar, acara itu bisa dilanjut sampai malam, setelah sholat maghrib dan isya,” tambahnya.

Dari pengamatan, lebih seratus orang menghadiri acara Haul Solo yang diadakan di PPU ini. Terdiri dari kalangan jamaah laki-laki dan perempuan, orang tua bahkan anak-anak juga turut hadir.

“Biasanya lebih banyak dari pada ini, mungkin karena hari kerja jadi jamaah yang hadir tidak sebanyak acara yang sebelumnya, tapi ini sudah lumayan banyak,” tutur salah satu jamaah Majlis Ta’lim Asy-Syifa, Munkar.

Terlihat para jamaah yang hadir terdapat dari berbagai kalangan. Dari kalangan aparat (kepolisian), Kalangan Santri Pondok Pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Penajam, serta kalangan ulama yang ada di PPU.

Selain sebagai acara memperingati hari wafat para ulama. Acara haul ini juga sebagai sarana mempererat hubungan silaturahmi bagi para kalangan jamaah. “Bukan hanya Haul Solo yang rutin diadakan di sini, tapi juga kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya pasti selalu kami laksanakan,” sebut Munkar.

Baca Juga:   Upaya Perbaikan dan Pengembangan, Pemkab PPU Evaluasi Kinerja BUMDes
Pembina Majlis Ta’lim Asy-Syifa, Kyai Haji Zuhdi Panani.

Adapun Majlis Ta’lim Asy-Syifa yang dibina oleh Kyai Haji Zuhdi Panani, bersama dengan para jamaah lainnya. Ketua Panitia Haul Solo, Ustaz Ashari mengungkapkan ucapan syukur dan terima kasih pada setiap peserta yang hadir, pun yang telah membantu dalam terselenggaranya acara ini.

“Saya mewakili seluruh panitia, mengucapkan terimakasih kepada seluruh para jamaah yang telah menyumbangkan bantuan berupa tenaga, dana dan fikirannya untuk menyukseskan acara Haul ini,” tutupnya. (ADM/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER