spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hari Pertama Puasa, Bazar Ramadan BUKBER Diserbu Pengunjung

PPU – Ratusan pengunjung datang ke Bazar Ramadan BUKBER di Penajam, Paser Utara (PPU) pada hari pertama puasa. Mereka berburu takjil dalam persiapan berbuka puasa perdana pada 1 Ramadan 1444 Hijriah ini.

Kegiatan Ramadan ini besutan 3 instansi vertikal, Polres PPU, Kodim0913 PPU dan Kejari PPU ini digelar di samping Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam, Kilometer 9 Nipah-Nipah. Dimulai sejak puasa pertama 22 Maret 2023 selama sebulan penuh.

Dari pantauan media ini, pengunjung mulai berdatangan sekira pukul 16.00 Wita. Sebagian besar warga yang datang dari wilayah Sungai Parit, Nipah-Nipah dan Nenang hingga Lawe-Lawe.

“Nyari takjil untuk nanti sore buka puasa,” ujar salah satu pengunjung dari Sungai Parit, Nita.

Puluhan tenan menjajakan penganan dan minuman tersedia di sini. Diisi oleh pelaku UMKM lokal denga produk-produk lokalnya pula. Pengunjung juga ditemani lantunan musik riligi saat berbelanja.

“Di Kecamatan Penajam, rasanya cuma ada di sini pasar Ramadan yang terlihat banyak penjualnya. Jadi bisa banyak pilihan berbukanya,” sebut pengunjung lainnya dari Nipah-Nipah, Eko.

Baca Juga:   Polisi Masuk Sekolah, Ingatkan Larangan Pelajar Bawa Kendaraan

Tak hanya penganan, dalam Bazar Ramadan dengan tema ‘Belanja UMKM, Berkah Ramadan (BUKBER)’ ini juga tersedia berbagai busana muslim dan usaha UMKM lainnya. Kegiatan ini memang memanfaatkan momen ibadah umat Islam sebagai sarana meningkatkan perekonomian daerah.

Dari sini, diharapkan roda ekonomi serta kreatifitas masyarakat dapat terwadahi dengan baik. Pun pemerintah daerah bisa mendapatkan keuntungan melalui pendapatan pajak yang dipergunakan dalam pembangunan daerah.

“Seluruh stan yang disediakan di sini gratis, tanpa pungutan biaya pada pedagang. Jadi niatannya ini murni untuk membantu pelaku UMKM dalam berusaha dan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” tutur Panitia Acara, Edy.

Lebih lanjut, dalam Bazar Ramadan BUKBER juga bakal tersaji berbagai kegiatan tambahan. Seperti panggun seni musik religi dan berbagai lomba berhadiah. Seperti lomba foto Instagram dan Grebek Sahur.

“Bazar Ramadan ini akan diselenggarakan selama sebulan penuh untuk masyarakat,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER