spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hamdam Buka Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I

PPU – Untuk menghasilkan atlet pencak silat yang berprestasi, selain dari latihan dan pembinaan, juga harus ada kompetisi pencak silat yang baik. Karena dengan kompetisi maka kita akan melihat sampai dimana hasil pembinaan yang telah dilakukan.

Hal itu disampaikan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam Pongrewa pada pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Bupati Cup I Cabang PPU Pusat Madiun di Graha Pemuda Jumat (23/06/2023). Menurutnya, adanya kompetisi yang baik mampu untuk menghasilkan atlet daerah yang berprestasi.

“Saya sangat mengapresiasi kejuaraan ini dapat digelar. Selain dapat melihat sampai sejauh mana hasil pembinaan dan latihan yang telah dilakukan kejuaraan ini,” ungkapnya.

Hadir pada acara pembukaan Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I Perwakilan Forkopimda PPU, kangmas H. Samijo Hadi Wijoyo Perwakilan Pusat Madiun, Ketua IPSI PPU, Ketua KONI, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraraga.

Selain itu, lanjut Hamdam, lewat kompetisi ini pula kesiapan mental dapat terus terasah. Menghasilkan atlet-atlet pencah silat yang berdaya saing tinggi.

Baca Juga:   Buka Forum Konsultasi Publik RPD, Hamdam Tegaskan Keberlanjutan Pembangunan PPU 2024-2026

“Kompetisi ini juga tidak sekadar mengajarkan pencak silat atau bela diri, namun juga menanamkan nilai sportivitas, moral dan filosofis yang luhur. Ajaran luhur tersebut harus bisa disampaikan bagi para siswa PSHT sejak dini,” lanjut Hamdam.

Sementara itu, Ketua cabang PSHT PPU Karmono menjelaskan dalam ajang kali ini diikuti 184 atlet silat. Berasal dari perwakilan 9 ranting PSHT yang tersebar di 4 kecamatan di PPU.

“Tujuan digelarnya kejuaraan ini untuk mencari bibit-bibit atlet pencak silat, juga sebagai ajang pembinaan Namun tetap menjunjung nilai-nilai sportivitas,” terangnya.

Adapun kompetisi ini berlangsung dari tanggal 23-25 Juni 2023. Dengan lomba tanding sekitar 130 pertandingan dan juga seni.

“Kami sangat berharap dengan digelarnya pertandingan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I ini tidak hanya akan menghasilkan bibit atlet pencak silat namun juga sebagai ajang silahtuhrahmi, akan meningkatkan rasa persaudaraan,” tutup Karmono. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER