spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Rumah Sakit di Paser Naik Kelas, Hari Kesehatan Nasional ke-58

PASER– Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun, dua rumah sakit di Kabupaten Paser naik kelas. Kedua rumah sakit tersebut adalah
RSUD Panglima Sebaya naik kelas B, dan RSUD Kerang naik ke kelas D.

Peningkatan status kedua RSUD ini, diharapkan dibarengi dengan l meningkatnya pelayanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Anggota DPRD Paser Eva Sanjaya,
saat menghadiri peresmian naik kelas RSUD Kerang di Desa Batu Engau, Sabtu (12/11/2022).

“Jangan ada lagi masyarakat yang kecewa dan mengatakan pelayanannya buruk. Ini menjadi masukan untuk RSUD Kerang, tingkatkan lagi pelayanannya,” kata Eva.
Untuk itu, dia meminta tenaga kesehatan yang bertugas di kedua RSUD itu untuk memberikan pelayanan yang prima.
Eva tak ingin lagi mendengar ada yang mengeluh terkait pelayanan RSUD Kerang.

“Soalnya kadang kita datang, mukanya masam. Sudah yang datang orang sakit, nantinya malah tambah stres,” sambung Eva.
RSUD Kerang dilengkapi 54 tempat tidur representatif, termasuk layanan rawat insentif, fasilitas UGD dan 1 pelayanan radiologi dan ronsen mobile.

Baca Juga:   Kasus Tindak Pidana di Paser Meningkat

“Patut berbangga dengan naik kelasnya. Soalnya dari pelosok harapannya di sini (RSUD Kerang). Ruang operasinya perlu ditambah, termasuk juga harus ada tiga dokter ditugaskan di puskesmas yang berada di kecamatan,” terang Anggota Komisi III DPRD Paser itu.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Paser, Romif Erwinadi mengatakan, HKN ke-58 tahun mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’.

Ia menyebut peresmian RSUD Panglima Sebaya Kelas B dan RSUD Kerang Kelas D, merupakan peningkatan status dan pelayanan yang diakui sebagai wujud upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Romif mengharapkan, peningkatan kelas di kedua RSUD diikuti dengan ketulusan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat. “Lakukan pendekatan simpati dan empati serta memanusiakan manusia agar tidak ada stigma negatif dari masyarakat,” pesan Romif.

Sementara itu, Direktur RSUD Kerang dr Adhisetya Dwi Saputra mengatakan, lokasi rumah sakit yang dipimpinnya sangat strategis karena dapat melayani masyarakat dari Batu Engau, Tanjung Harapan, dan Muara Samu. RSUD Kerang menghadirkan Pelayanan dokter umum, dokter gigi, termasuk spesialis kandungan.

Baca Juga:   Bontang Alokasi Rp 3 M untuk Perbaikan Jalan Rusak di 2023

Sedangkan fasilitas yang dimiliki, selain UGD 24 jam, juga dilengkapi 54 tempat tidur, termasuk layanan rawat insentif, dan 1 pelayanan radiologi dan ronsen mobile.

Ia berharap Pemkab Paser tetap mendukung kebutuhan fisik dan nonfisik RSUD Kerang yang berupa pelayanan spesialis.

“Semoga tahun depan ada tambahan spesialis anak, spesialis bedah, spesialis anastesi sehingga dapat beroperasi secara umum,” tutup Adhis. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER