spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DP3AP2KB PPU Gelar Advokasi Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam PemiluDP3AP2KB PPU Gelar Advokasi Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Pemilu

PPU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan kegiatan penguatan implementasi porgram. Yaitu Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan, Politik, Hukum,sosial, Ekonomi Dan Peningkatan Partisipasi Perempuan di Lembaga Legislatif, Selasa, (10/10/2023).

Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan kegiatan advokasi ini dilaksanakan dengan harapan dapat mendorong keterlibatan perempuan dalam Pemilu yang akan datang. Baik sebagai pemilih maupun peserta Pemilu Serentak 2024.

“Menghembuskan angin harapan baru bagi kabupaten kita, bahwa akan muncul kader-kader perempuan yang memiliki pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah masalah yang berkembang,” ujarnya.

Kemudian mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Serta bisa meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan.

“Sehingga mendorong pemenuhan kuota ideal perempuan dalam parlement yaitu 30 persen,” sambung Makmur.

Lanjutnya, jumlah partisipasi perempuan dalam bidang politik dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Akan tetapi belum mencapai 30 persen dari jumlah keseluruhannya.

Baca Juga:   Hamdam Anggap Pelaku UMKM dan IKM PPU Mampu Tahan Inflasi Daerah

“Representasi perempuan di legislatif akan memberikan kesinambungan dalam mewarnai perumusan kebijakan dan peraturan perundang-undangan, penganggaran dan pengawasan yang akan lebih berpihak pada kepentingan kesejahteraan perempuan dan anak,”ucapnya.

Makmur berharap semoga melalui kegiatan advokasi ini akan meningkatkan peran perempuan dalam perencanaan, dan penganggaran responsif gender. Juga penguatan komitmen, sinergi dan keterlibatan perempuan dalam pembangunan dan dapat mewujudkan keterwakilan kuota 30 persen perempuan di parlemen.

“Ucapan terima kasih kepada DP3AP2KB serta narasumber sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada peserta advokasi peningkatan partisipasi Perempuan dilembaga legislatif yang berkesempatan hadir semoga apa yang akan disampaikan nantinya dapat dicermati dengan baik,” tutupnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER