spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disnakertrans PPU Gelar Bursa Kerja Oketober Mendatang

PPU – Serapan jumlah pencari kerja di Penajam paser Utara (PPU) tahun ini masih terbilang cukup rendah. Dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) PPU akan menggelar bursa pencari kerja agar jumlah yang dapat diserap perusahaan meningkat.

Bursa kerja atau job fair itu rencananya akan diadakan pada Oktober 2023 mendatang. Kepala Seksi Penempatan Disnakertrans PPU, Syamsu menuturkan lewat kegiatan ini harapannya penyerapan tenaga tenaga kerja lokal bisa maksimal.

“Ya dengan adanya job fair ini, tenaga kerja lokal kita bisa terserap maksimal,” ungkapnya Selasa (12/9/2023).

Penyerapan itu, nantinya dapat mengurangi angka pencari kerja di Benuo Taka. Ia menyampaikan angka serapan tenaga kerja lokal di PPU, diakui saat ini masih cukup rendah.

Berdasarkan data dari Disnakertrans setempat, jumlah pencari kerja per Januari hingga Juli 2023, mencapai 738 orang. Sementara yang terserap sejauh ini baru sekitar 171 orang, sedangkan 576 orang lainnya belum mendapatkan pekerjaan.

“Itu masih terbilang rendah untuk saat ini. Makanya ke depan kami harapkan meningkat,” jelasnya.

Baca Juga:   Aksi Peracunan dan Setrum Ikan Marak di PPU, Kelompok Perikanan Setop lewat Spanduk

Adapun job fair ini merupakan pertama kalinya digelar di PPU. Pun dalam job fair nantinya, akan memprioritaskan tenaga kerja dari PPU untuk pencari kerja.

Sedangkan untuk perusahaan, Disnakertrans PPU tidak hanya akan mengundang yang berasal dari PPU dan IKN saja, tetapi juga dari luar daerah. “Pencari kerja difokuskan lokal, kalau perusahaan boleh dari luar,” sebut Syamsu.

Saat ini pihak Disnakertrans PPU masih terus berkoordinasi dengan beberapa perusahaan. Pihak perusahaan juga kata Syamsu, menyambut baik rencana job fair tersebut.

Pelaksanaan job fair akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 24 hingga 25 Oktober 2023, di Gedung Graha Pemuda PPU. “Setelah adanya job fair ini diharapkan sebanyak-banyaknya tenaga kerja lokal terserap, lowongan juga semakin banyak,” pungkasnya.

Pewarta : Nur Robbi Syai’an
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER