spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disdukcapil PPU Lakukan Percepatan Perekaman Calon Pemilih Muda

PPU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Penajam Paser Utara (PPU), melakukan percepatan rekam kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi para pemilih pemula menjelang pemilu 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (plt) Disdukcapil PPU, Mawar, menyampaikan sebanyak 4.000 orang pemilih pemula dari kalangan pelajar yang menjadi sasaran rekam data e-KTP yang dilakukan oleh pihaknya. Sementara per tanggal 6 Juni 2023,  baru 1.000 orang yang melakukan rekam data e-KTP.

“Dari 4.000 orang data pemilih pemula baru 1.000 yang melakukan rekam data e-KTP, kita akan terus lakukan percepatan tersebut agar data tersebut bisa rampung setidaknya sebelum pemilu 2024,” ujarnya, Selasa (6/6/2023).

Percepatan perekaman data yang selama ini dilakukan oleh pihaknya kepada pelajar di PPU, dengan menyambangi langsung masing-masing sekolah tingkat SMA atau SMK sederajat. Hal ini dilakukan agar kiranya perekaman yang dilakukan berjalan secara maksimal serta sesuai dengan target yang diinginkan.

“Percepatan yang kami lakukan saat ini langsung mendatangi sekolah-sekolahnya, agar kiranya pendataan ini rampung segera,”ucapnya.

Baca Juga:   Kemnaker Bakal Cek Lokasi Rencana Pembangunan BLK di PPU

Adapun kendala yang dihadapi pihaknya selama perekaman di sekolah-sekolah yaitu banyaknya pelajar yang masih lari-lari dalam proses pendataan tersebut. Para pelajar ini beranggapan dirinya  masih belum perlu mendapatkan e-KTP.

“Mungkin mereka belum ingin dianggap tua dan belum perlu. Pada  dasarnya kan e-KTP ini sangat perlu bagi mereka yang di mana e-KTP ini salah satu syarat mereka untuk melanjutkan kuliah ataupun bekerja setelah lulus sekolah nantinya,” jelasnya.

Harapannya, perekaman data tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya, di mana pendataan ini sangat diperlukan untuk pemilu 2024 mendatang serta percepatan yang dilakukan selama ini bisa selesai paling lambat di akhir 2023 mendatang tentu saja harus adapula dukungan dari sekolah-sekolah yang berada di PPU.

“Kita sangat berharap percepatan yang dilakukan ini bisa rampung segera, serta adanya dukungan-dukungan dari sekolah di PPU agar kiranya kegiatan ini berjalan lancer dan selesai di akhir tahun 2023,” tutupnya. (nrd)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER