spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disbudpar PPU Terima Penghargaan Nasional APPI Kemenparekraf RI

PPU – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI memberikan penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 untuk Penajam Paser Utara (PPU). PPU berhasil meraih peringkat 3 Nasional dalam kompetisi lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata daerah seluruh Indonesia.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Pemkab PPU menerima penghargaan di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta pusat, Senin  (17/7/2023) malam. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Ajang itu telah dilaksakana pada bulan Maret hingga Juni 2023 lalu. Didampingi Kepala Disbudpar PPU, Andi Israwati Latief, Bupati PPU, Hamdam menerima langsung piagam bergengsi tersebut.

Ia mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas perolehan penghargaan setingkat Nasional ini. Dengan diraihnya penghargaan ini, sambungnya, mampu menjadi motivasi daerah untuk lebih meningkatkan pembangunan daerah khususnya pada sektor pengembangan kepariwisataan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten PPU yang telah memberikan dukungannya terhadap pembangunan di daerah, khususnya sektor pariwisata. Tak terkecuali kepada jajaran Disbudpar PPU yang telah aktif melakukan tahapan-tahapan APPI 2023 ini hingga memperoleh penghargaan tingkat Nasional. Penghargaan ini luar biasa sekali,” katanya.

Baca Juga:   Tetap Waspada, Kasus Covid-19 di PPU Capai 67 Pasien
Bupati PPU, Hamdam saat menerima langsung piala penghargaan dari Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno.

Dirinya menambahkan ke depan Pemkab PPU berkomitmen untuk terus meningkatkan sektor pariwisata yang ada di daerahnya. Termasuk dalam menangkap peluang hadirnya Ibukota Nusantara (IKN) di Kaltim.

“Ke depan, bagaimana Kita terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata kita di Kabupaten PPU. Sehingga destinasi wisata yang ada lebih dikenal masyarakat baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional,” jelas Hamdam.

Sekadar informasi, Penghargaan APPI merupakan upaya Pemerintah Pusat dalam mendorong para stakeholder pariwisata mulai dari biro perjalanan wisata dan travel agent termasuk pemerintah daerah. Agar lebih gencar dan kreatif dalam mempromosikan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki.

Bupati PPU, Hamdam didampingi Kepala Disbudpar PPU, Andi ISrawati Latief saat menerima piagam penghargaan di Jakarta, Senin malam (17/7/2023). (Humas PPU)

Sementara itu, Kepala Disbudpar PPU Andi Israwati menjelaskan program ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan Nusantara sebanyak 1,2-1,4 miliar perjalanan pada 2023. Itu sesuai amanat Kementerian Parekraf RI.

Pada lomba video kreatif BBWI yang diselenggarakan selama 4 bulan ini, telah diikuti hampir dari 38 dinas pariwisata provinsi dan 514 dinas pariwisata kabupaten/kota di Indonesia termasuk kabupaten PPU di dalamnya.

Baca Juga:   Ratusan Pekerja Rentan Terjamin BPJS Ketenagakerjaan dari Pemkab PPU

“Jadi pada bulan Maret itu kita membuat video  terkait tiga destinasi wisata yang ada di Kabupaten PPU tersebut dan Alhamdulillah PPU mendapat Juara 3  se Indonesia. Ini merupakan kebangaan bagi Kabupaten PPU,” kata Israwati.

Dalam lomba ini Disbudpar PPU mengirimkan tiga destinasi wisata  andalan di PPU. Masing-masing destinasi wisata Pantai Tanjung Jumlai, Wisata Air Terjun Tembinus dan Wisata Mangrove di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku.

Dia menambahkan ke depan pihaknya berharap kerja sama seluruh masyarakat Kabupaten PPU dapat terus ditingkatkan. Sehingga destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten PPU dapat lebih maju.

“Ajang ini juga sebagai apresiasi untuk para pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota dalam memajukan Pariwisata di masing-masing daerah, termasuk di Kabupaten PPU,” pungkasnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER