spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Digelontor Rp 20 M dari Kemenkes, Rumah Sakit Pratama Sepaku Akan Layani Pekerja IKN

PENAJAM – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) turut andil dalam memberikan pelayanan para pekerja pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Yaitu dengan memberikan pelayanan Rumah Sakit Pratama Sepaku.

Dalam persiapannya, rumah sakit di Sepaku itu mendapat kucuran anggaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp 20 miliar. Anggaran tersebut untuk menyiapkan rumah sakit, menyambut kedatangan ribuan pekerja proyek Ibu Kota Negara (IKN).

“Kucuran anggaran itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), yang akan digunakan untuk menambah fasilitas kesehatan juga perluasan bangunan,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) PPU dr Jansje Grace Makisurat, Selasa (31/1/2023).

Dari Rp 20 miliar tersebut digunakan untuk pembangunan fisik atau perluasan bangunan sebesar Rp 12 miliar. Kemudian sisanya yakni Rp 8 miliar, untuk melengkapi alat dan fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut.

“Akan dipakai untuk menambah jumlah tempat tidur sebanyak 50 unit, sehingga mencukupi untuk rumah sakit setingkat tipe C. Saat ini tempat tidur yang tersedia baru sebanyak 50 unit,” ungkap Grace.

Baca Juga:   Pemkab PPU Latih Kelurahan dan Desa Rakit Alat Panen Hujan

Meski demikian, dia menyebut beberapa fasilitasnya ke depan tetap perlu ditambah. Mengingat jumlah pekerja pembangunan infrastruktur IKN tahap awal ini yang cukup banyak.

Melihat hal ini, Grace menyebutkan Pemerintah Pusat tetap perlu membangun fasilitas kesehatan yang lebih besar. Yang mampu melayani seluruh pekerja yang akan datang karena jumlahnya diperkirakan hingga ribuan orang.

“Tidak cukup untuk menampung ratusan ribu pekerja. Harapannya segera ada dibangun rumah sakit khusus IKN dan dilengkapi dengan sumber daya manusia, agar mengakomodir layanan rumah sakit warga ibu kota baru nantinya,” pungkas dia. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER