spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Koorporasi Sapi PPU Raih Penghargaan Nasional 2023

PPU – Program Desa Korporasi Sapi (DKS) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencuri perhatian setelah Koperasi Ternak Babulu Brahman Jaya berhasil meraih Penghargaan Nasional sebagai pusat pengembangan Desa Korporasi Sapi (DKS) Terbaik pada tahun 2023. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pertanian dalam acara Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI 2023 yang diadakan di Padang, Sumatera Barat, pada 15 Juni 2023 lalu.

DKS di PPU diproyeksikan menjadi sentra stok daging untuk wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). Program DKS ini merupakan sinergi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) dalam pemenuhan daging sapi bagi masyarakat.

Kepala Bidang Peternakan, Arief Murdiyanto mengatakan hal tersebut menjadi tanggung jawab besar yang harus dipertahankan dengan hasil dicapai saat ini, apalagi PPU diberi amanah besar menjadi sentra stok daging.

“Alhamdulillah DKS PPU melalui Koperasi ternak Babulu Brahman Jaya mendapatkan penilaian terbaik, hal justru menjadi tantangan tersendiri serta hal yang patut di pertahankan,” ungkapnya, Rabu (28/6/2023)

Baca Juga:   "Malam Apresiasi PPU" Meriah, Makmur; Tidak Memakai APBD

Salah satu program DKS yang dikembangkan di wilayah PPU berada di Kecamatan Babulu. Program DKS ini dikelola oleh Koperasi Ternak Babulu Brahman Jaya. Koperasi ternak ini membawahi lima kelompok tani di lima desa yakni Kelompok Tani Maju Desa Labangka Barat, Kelompok Tani Mugirejo Mandiri Desa Babulu Darat, Kelompok Tani Lestari Desa Gunung Intan, Kelompok Tani Karya Utama Desa Gunung Mulia, dan Kelompok Tani Sumber Mulyo Desa Gunung Makmur.

“Ada 5 titik program DKS di PPU yang dikembangkan, untuk saat ini berada di wilayah babulu. Dari 5 desa pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi segala apa yang diinginkan baik pemerintah daerah maupun pusat nanntinya,” jelasnya.

Harapannya dengan adanya penghargaan ini kelompok koperasi ternak babulu dapat menjadi pilot project serta menjadi percontohan bagi desa-desa korporasi yang akan dikembang diseluruh desa Kaltim.

“Harapan kita PPU terutama khususnya koperasi ternak babulu dapat menjadi pilot project bagi kaltim serta percontohan bagi DKS yang ada dikembangkan diseluruh kaltim,” pungkasnya. (NRD)

Baca Juga:   ASN BUP di Lingkungan Pemkab PPU Terima Pembekalan Pra-pensiun
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER