spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD PPU Susun RPKD dan Renkon Antisipasi Bencana Banjir Hadapi Peralihan Musim

PPU – Oktober ini memasuki masa transisi musim yang sangat memengaruhi terjadinya perubahan cuaca ekstrem. Hal ini menjadi kesiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara (PPU) dan menyikapinya dengan persiapan penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Kedaruratan Rencana (RPKB).

Kepala Pelaksanan BPBD PPU, Budi Santoso menjelaskan terkini iklim memasuki musim penghujan. Tentunya ini menjadi perhatiannya, mengingat adanya potensi bencana banjir di wilayah PPU.

“Kami mengambil tindakan untuk membentuk dan menyatukan persepsi dengan perangkat daerah, yang terkait serta tugas untuk pencegahan dan kesiapsiagaan bencana banjir dan lainnya,” jelasnya usai memimpin rapat persiapan penyusunan dokumen RPKB, Kamis (19/10/2023).

Budi menjelaskan bahwa dengan adanya dokumen RPKB sekaligus dokumen Rencana Kontigensi (Renkon) itu akan membantu perangkat daerah dalam mencegah dan mengantisipasi adanya bencana. Namun, dokumen-dokumen itu tentunya perlu tersosialisasikan dengan baik, agar setiap perangkat daera dapat mengetahui tugas untuk menanggulangi bencana yang timbul.

‘Kami akan memastikan dokumen ini tersosialisasikan dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, Budi mengharapkan dengan penyusunan bersama dokumen ini, seluruh perangkat daerah dapat mengambil peras sesuai dengan kewenangan masing-masing. Sejalan dengan upaya prefentif dan penanganan bencana yang dikerjakan BPBD PPU.

Baca Juga:   Perbup Lama Kurang Update, Perlu Revisi sebelum Bentuk Forum CSR PPU

“Saya berharap ke depannya masing-masing perangkat daerah bisa memahami peranan dan tupoksinya masing-masing. Bagaiman menghadapi bencana banjir di depan mata yang sudah mulai terjadi,” tutupnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER