spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD PPU Lakukan Normalisasi di Sepaku

PPU – Satu desa di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), yaitu Desa Bukit Raya, kembali mengalami bencana banjir pada Rabu (10/5/2023). Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU bersama aparat setempat dan warga bahu-membahu melakukan evakuasi dan penanganan.

Banjir terjadi tepatnya di RT 01 dan RT 02, dan menimpa dua rumah tinggal yang didiami oleh dua kepala keluarga (KK) dengan total empat orang. Meski tak banyak rumah, banjir terjadi cukup parah.

“Di RT 01, TMA (tinggi muka air) mencapai 60 sampai 100 sentimeter. Sementara di RT 02, sekitar halaman rumah TMA mencapai 5 sampai 60 sentimeter, dan masuk ke dalam rumah setinggi kurang-lebih 3 sentimeter,” jelas Kepala Pelaksana BPBD PPU, Budi Santoso melalui laporan tertulisnya.

Adapun bencana ini diketahui disebabkan hujan lebat yang disertai angin kencang sekira dini hari pukul 03.00 WITA. Berlangsung hingga pukul 06.00 WITA mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) Sepaku meluap.

Hal itu kemudian berdampak pada naiknya TMA pada kawasan pemukiman berarea rendah di sekitar bantaran sungai.

Baca Juga:   Safari Ramadan di Kelurahan Pemaluan, Makmur Jelaskan Isu Penggusuran Pemukim Warga

Budi menjelaskan pihaknya langsung menuju ke lokasi kejadian sesaat laporan masuk pada pagi hari. Berkoordinasi dengan aparatur setempat untuk melakukan pendataan dan pemantauan wilayah terdampak.

“Untuk kondisi terkini di wilayah terdampak, TMA mengalami surut secara signifikan dan sudah tidak terdapat air di dalam maupun di halaman rumah warga,” sebut Budi.

Setelah itu, tim gabungan BPBD PPU bekerja sama dengan warga setempat dan aparatur Desa Bukit Raya serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan penanganan sementara untuk mengantisipasi banjir lanjutan, yaitu dengan melakukan pembersihan saluran air di wilayah tersebut.

“Melakukan pembersihan drainase RT 01 dan RT 02 Desa Bukit Raya menggunakan excavator mini oleh pihak Desa Bukit Raya,” tutup Budi. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER