spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bazar Ramadan BUKBER jadi Pilihan Baru Buka Puasa Bersama di Penajam

PPU – Bazar Ramadan di samping Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam, Kilometer 9 Nipah-Nipah menjadi salah satu spot berbuka puasa anak muda di Penajam. Menjadi tempat membeli takjil, sekaligus ngabuburit.

Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan pasangan dengan cara buka puasa bersama (bukber). Momen kebersamaan itu biasanya dilakukan di tempat-tempat tertentu.

Selain kafe dan warung makan, pada bulan puasa 1444 Hijriah di Penajam Paser Utara (PPU) ini ada salah satu pilihan baru lokasi berkumpul. Yaitu Bazaar Ramadan Belanja UMKM Ramadan Berkah (BUKBER) besutan 3 instansi vertikal; Polres PPU, Kodim0913 PPU dan Kejari PPU.

“Di tempat ini, bisa beli takjil sekalian ngabuburit nunggu buka puasa,” ujar salah satu pengunjung, Ryan, Rabu (29/3/2023).

Spot favorit yang jadi lokasi ialah di taman yang berada tepat di samping Bazar Ramadan BUKBER. Taman tersebut milik Pemkab PPU bagian dari landskap Kompleks Islamic Center Penajam.

“Pengumuman berbuka dari Masjid, pasti kedengaran. Terus juga di taman ini banyak tempat duduk, jadi cocok untuk tempat santai dan ngumpul,” kata pengunjung lainnya, Romi.

Baca Juga:   SMK Negeri 3 PPU Gelar Karya, Berlangsung Meriah

Selain itu pula, penyelenggara memang menyediakan alas sebagai tempat pengunjung dapat melakukan bukber. Kemudian juga dalam waktu tertentu, ada penampilang live musik dan kajiang ngabuburit yang dapat membersamai saat menunggu waktu berbuka puasa.

“Jadi Kami memang niatannya membuat agenda Bazar Ramadan yang sedikit berbeda dari biasanya. Agar masyarakat PPU, khususnya di Penajam dapat merasakan suasana yang berbeda dalam Ramadan tahun ini,” ucap satu penyelenggara kegiatan, Edy.

Lebih lanjut, Bazar Ramadan BUKBER dimulai sejak puasa pertama 22 Maret 2023 selama sebulan penuh.

Puluhan tenan menjajakan penganan dan minuman tersedia di sini. Diisi oleh pelaku UMKM lokal denga produk-produk lokalnya pula. Pengunjung juga ditemani lantunan musik riligi saat berbelanja.

Tak hanya penganan, dalam Bazar Ramadan dengan tema ‘Belanja UMKM, Berkah Ramadan (BUKBER)’ ini juga tersedia berbagai busana muslim dan usaha UMKM lainnya. Kegiatan ini memang memanfaatkan momen ibadah umat Islam sebagai sarana meningkatkan perekonomian daerah.

Dari sini, diharapkan roda ekonomi serta kreatifitas masyarakat dapat terwadahi dengan baik. Pun pemerintah daerah bisa mendapatkan keuntungan melalui pendapatan pajak yang dipergunakan dalam pembangunan daerah.

Baca Juga:   Peringati HUT Satpol-PP Ke-74, Pemkab PPU Pimpin Pemusnahan Puluhan Miras Hasil Tangkapan

Lalu, dalam Bazar Ramadan BUKBER juga bakal tersaji berbagai kegiatan tambahan. Seperti panggun seni musik religi dan berbagai lomba berhadiah. Seperti lomba foto Instagram dan Grebek Sahur.

“Seluruh stan yang disediakan di sini gratis, tanpa pungutan biaya pada pedagang. Jadi niatannya ini murni untuk membantu pelaku UMKM dalam berusaha dan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” tutupnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER