spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Arus Balik di PPU Lancar dan Aman, Sepeda Motor Mendominasi

PPU – Dinas Perhubungan (Dishub) Penajam Paser Utara (PPU) menyatakan arus balik Lebaran 2023 di daerah tersebut relatif lancar dan aman. Kendaraan sepeda motor mendominasi akses jalan yang ada di Benuo Taka sepanjang libur Idulfitri 2023.

Kepala Dishub PPU, Andi Singkerru, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan dan monitoring di beberapa titik di empat kecamatan, bekerja sama dengan aparat kepolisian setempat untuk menjamin arus balik tetap lancar dan aman. Pos pengamanan juga didirikan di Terminal Penajam, Pelabuhan Klotok (kapal kayu), kapal cepat, dan Pelabuhan Penyeberangan Feri Kabupaten PPU.

“Kami memantau mobilitas arus balik di sepanjang jalur darat dan laut di wilayah PPU,” ujarnya pada Rabu (26/4/2023).

Menurut Singkerru, arus balik sudah terlihat sejak Sabtu hingga dua hari sesudah Lebaran dan mulai ramai kendaraan arus balik karena wilayah setempat merupakan bagian dari jalan lintas Kalimantan yang dilewati masyarakat saat arus mudik maupun balik Lebaran.

Arus balik jalur darat, menurut Singkerru, mulai ramai, baik yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat. Namun, berdasarkan pantauan, arus balik di PPU didominasi oleh kendaraan roda dua.

Baca Juga:   'Nambah' Libur Lebaran, Pemkab PPU Siapkan Sanksi Pemotongan Insentif

Adapun hal ini diperkirakan masih akan terjadi hingga Kamis (27/4/2023) dan bakal berlangsung hingga malam hari. “Kemungkinan sampai besok malam masih akan terjadi banyak pemudik yang kembali,” ujarnya.

Berdasarkan laporan petugas, arus balik didominasi dari arah Kabupaten Paser dan Kalimantan Selatan, serta Kabupaten PPU menuju Kota Balikpapan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, mereka juga kebanyakan menggunakan kendaraan umum sebagai alat transportasi.

“Dari pantauan, arus mudik di PPU didominasi oleh kendaraan roda dua, dan hingga saat ini terlihat arus balik juga didominasi oleh sepeda motor,” pungkas Singkerru. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER