spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Aparatur Desa di Sepaku Diberikan Pelatihan Desa Cantik Tahun 2023

PPU – Perangkat desa di seluruh Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) diberikan pelatihan khusus program Desa Cinta Stastistik (Cantik). Bertujuan untuk membina, membangun dan meningkatkan kompetensi aparatur desa yang mampu memahami tentang statistik.

Dalam hal ini, Pemkab PPU bekerja bersama Badan Pusat Statistik (BPS) PPU. Peluncuran pelaksanaan Desa Cantik se-Kecamatan Sepaku ini telah dilakukan di Desa Bukit Raya.

Selama dua hari, sampai dengan 30 Agustus 2023, pembinaan Desa Cantik ini memberikan stimulus statistik di desa menjadi semakin baik. Kepala BPS Kabupaten PPU, Hotbel Purba menyebutkan pelaksanaan ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997, BPS bertanggung jawab dalam pembinaan penyelenggaraan statistik.

“Desa Cantik merupakan tugas amanat dari pada undang-undang, BPS menjadi pembina data statistik,” ungkapnya, Rabu (30/8/2023).

Ia juga menjelaskan dalam pembinaan Desa Cantik ini agar kapabilitas perangkat desa meningkat dan data statistik dikelola desa bisa semakin berkualitas. Hotbel juga berharap dari data statistik yang dikelola desa bisa digunakan sebagai informasi utama dalam pembangunan desa.

Baca Juga:   Pemkab PPU Siapkan Penyusunan Dokumen EPSS 2023

“Sehingga kemampuan literasi perangkat desa menjadi meningkat, apalagi Kabupaten PPU merupakan serambi nusantara,” ucapnya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan jika di Kabupaten PPU baru dua kecamatan yang sudah dilakukan pelatihan program Desa Cantik. Kedepannya desa yang sudah pernah mengikuti pelatihan ini bisa menjadi contoh terhadap desa lainnya.

“Untuk itu, BPS perlu melakukan kegiatan untuk pembinaan perangkat desa. Harapannya semua bisa mengerti atau mengenal dengan data-data statistik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hotbel juga berpesan terhadap peserta yang mengikuti pelatihan selama dua hari ini, jangan sekadar mengikuti pelatihan saja. Tetapi mereka dapat menularkan kepada perangkat desa lainnya.

“Bagi peserta yang memerlukan pendalaman lebih lanjut mengenai data-data statistik dapat menghubungi BPS Penajam Paser Utara,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER