spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antusias Pengunjung Ngabuburit Bareng Wayang Golek di Bazar Ramadan BUKBER

PPU – Penampilan wayang golek Gending Parahyangan D’Cepot Show menemani waktu ngabuburit warga Penajam Paser Utara (PPU) yang berkunjung ke Bazar Ramadan BUKBER, Sabtu (1/4/2023). Pertunjukkan ini menjadi momentum kebersamaan yang berbeda dan unik menemani waktu berbuka.

Penampilan itu disajikan oleh Dalang Mang Ucu mulai pukul 16.00 Wita hingga jelang berbuka, di Samping Masji Agung Al-Ikhlas, Kompleks Islamic Center. Kilometer 9 Nipah-Nipah. Dengan antusias, pengunjung yang datang untuk berbelanja takjil duduk lesehan di depan panggung tempat Cepot dan kawan-kawannya beraksi.

“Sengaja datang ke sini dengan keluarga untuk beli takjil, sekalian lihat wayang golek,” ujar salah satu pengunjung, Teguh.

Saat itu, suara tepukan tangan dan tawa dari para penonton beberapa terdengar dari barisan. Rasa haus serta lapar dari masyarakat karena berpuasa seoalah seperti hilang sejenak.

Hal tersebut seperti yang dirasakan oleh salah seorang warga lainnya, Kasim yang turut hadir menyaksikan. Ia menyambut baik adanya pertunjukan ini, sebab merupakan suatu hal yang berbeda dan unik.

Baca Juga:   Pemkab PPU Diminta Monitor Pasar, Antisipasi Lonjakan Harga Pasar

“Seru, menampilkan yang berbeda dan lucu. Seingat Saya, di PPU jarang ketemu pertunjukkan wayang golek seperti ini,” sebutnya.

Dalang Mang Ucu dalam pertunjukkannya menampilkan beberapa alur cerita yang sering terjadi di tengah masyarakat. Lebih spesifik lagi, adegan-adegan yang kerap dilakukan saat berpuasa.

Dari sana, ia menyisipkan pesan-pesan moral berkehidupan dari sisi keagamaan. Serta ajakan untuk berbuat baik antar sesama, khususnya di pada saat Bulan Ramadan.

Penyelenggara acara, Edy menuturkan pertunjukkan wayang golek ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam Bazar Ramadan BUKBER. Selama sebulan puasa penuh, pasar Ramadan terpusat ini akan ada membersamai masyarakat PPU, khususnya di Kecamatan Penajam untuk mencari takjil puasa.

“Di waktu-waktu tertentu, akan ada penampilan seperti live musik, kajian Ramadan dan lainnya, salah satunya ialah pertunjukkan wayang golek ini,” terangnya.

Untuk diketahui, Bazar Ramadan BUKBER (Belanja UMKM, Berkah Ramadan) ini merupakan event inisiasi dari 3 instansi bertikal. Yaitu Polres PPU, Kodim0913PPU dan Kejari PPU.

Adapun pedagang yang terlibat dalam event ini merupakan pelaku UMKM lokal PPU. Selain jajanan Ramadan, di sini juga terdapat berbagai produk fashion muslimah.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Harap Forum Anak Jalankan Peran Perlindungan di Sekolah
Buka puasa bersama anak-anak yatim. (RadarMedia)

Lebih lanjut, dalam pertunjukkan ini penyelenggara turut mengadakan buka puasa bersama anak-anak salah satu panti asuhan yang ada di Penajam. Dilanjutkan dengan kajian ngabuburit yang disampaikan oleh Ustaz Saka.

Harapannya lewat kegiatan ini, seluruh warga di PPU dapat turut merasakan momentum kebersamaan Ramadan. “Semoga Ramadan kali ini dapat menjadi berkah untuk seluruh masyarakat di PPU,” pungkas Edy. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER