spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perayaan Peringatan HUT Ke-79 RI di PPU, Makmur Marbun; Terimakasih Atas Partisipasi Aktif Masyarakat

PPU – Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Penajam Paser Utara (PPU) harus memperoleh perhatian yang baik dari pemerintah. Pj Bupati PPU Makmur Marbun menegaskan, UMKM lokal wajib memperoleh tempat yang terbaik dan perhatian khusus, karena UMKM merupakan pendorong bagi ekonomi kerakyatan.

Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI masih terasa sepekan terakhir di daerah berjuluk Benuo Taka. Mulai dari gelaran yang terlaksana di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga ke tataran kelurahan/desa.

Seperti jalan sehat dan karnaval dalam rangka HUT RI ke- 79 di Kelurahan Petung, Minggu, (25/8/2024). Selain melibatkan masyarakat, kegiatan bertempat di Lapngan Bola Petung ini juga melibatkan peran UMKM untuk mengisi ruang perekonomian.

“Makanya saya selalu menekankan bahwa keberadaan UMKM di PPU ini tidak boleh dipersulit di mana saja. Saya bersyukur dalam kegiatan hari ini banyak sekali UMKM yang berjualan di sini,” katanya.

Ia mengaku sejak menjabat sangat mendukung terhadap kemajuan UMKM lokal. Salah satu langkah strategis dalam peningkatan UMKM di daerah adalah melalui kegiatan Malam Pentas Seni dan UMKM yang digelar setiap Sabtu malam di Alun-Alun Kantor Bupati PPU.

Baca Juga:   500 Bikers Nmax Siap 'Serang' Anniversary Ke-5 MBC PPU Akhir Pekan Ini

Menurutnya, melalui kegiatan malam pentas seni dan UMKM tersebut, pemerintah daerah telah memberikan ruang seluas-luasnya bagi pelaku UMKM. “Saya bersyukur kegiatan malam pentas seni dan UMKM yang telah berjalan hampir sepuluh bulan ini selalu mendapatkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat PPU. Walaupun memang kita akui masih banyak yang perlu kita benahi disana,” tegas Makmur.

Kesuksesan langka Pemkab PPU tersebut bahkan hendak ditiru oleh beberapa daerah lainnya di Indonesia. Seperti beberapa hari lalu, PPU telah kedatangan sebanyak 370 orang dari jajaran Pemkab Pulang Pisau, Kalteng. Mereka melakukan studi banding upaya pemerintah dalam kemajuan UMKM.

“Mereka melihat yang pertama dari kabupaten PPU adalah bagaimana kemajuan UMKM-nya. Ini suatu kebangaan, karena kemajuan daerah kita telah dicontoh daerah lain di Indonesia,” terangnya.

Foto: Pj Bupati PPU Makmur Marbun saat menghadiri kegiatan Peringatan HUT ke-79 RI di Kelurahan Nipah-Nipah, Minggu (25/8/2024). (Prokopim PPU for MKN)

Begitupun saat gelaran kegiatan HUT ke-79 RI di Kelurahan Nipah-Nipah yang mengusung tema “Mendukung Pengembangan Wisata PPU dan Ciptakan Pilkada Damai 2024.” Makmur yang juga menyaksikan langsung kesemarakkan megungkapkan apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan ini.

Baca Juga:   Kampanye Kepedulian Kebersihan, SDN 023 Penajam Aksi Nyata Pungut Sampah di Pantai Pejala

“Masyarakat Nipah-Nipah harus berbangga karena kalian semua tinggal di daerah yang menjadi salah satu Desa Wisata favorit di antara 50 desa di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ia berharap, persatuan masyarakat dalam meramaikan peringatan kemerdekaan ini bisa terus berlanjut. Yang telah turut aktif berpartisipasi dil ingkungan masyarakat dan mendukung kemajuan daerah.

“Terus semangat berkarya. Pemerintah tidak akan mampu berjalan tanpa adanya dukungan dari seluruh masyarakat PPU. Mari kita songsong masa depan yang lebih baik menuju peradaban baru.”

“Kepada warga masyarakat sekalian, terima kasih telah meramaikan peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 ini. Semoga semangat yang kita kembangkan hari ini membuat Kabupaten PPU semakin maju dan dikenal hingga mancanegara,” pungkasnya. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER