spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel sebagai Ikon Masa Depan IKN

NUSANTARA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melaksanakan groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel, hasil kerja sama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Royal Golden Eagle (RGE) pada Senin (12/08/2024).

Selain itu, dilakukan Penandatanganan Penandatangan Perjanjian Pemanfaatan Tanah Pengalokasian Lahan Aset Dalam Penguasaan Otorita IKN dan Akta Notariil Perjanjian antara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan PT RGE Indonesia.

Pembangunan ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN dalam mewujudkan konsep kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya investasi di Nusantara sebagai investasi masa depan. Jokowi menyatakan bahwa Nusantara International Convention Center and Hotel diharapkan menjadi pusat pertemuan, konvensi, dan pameran internasional yang mendukung peran Nusantara sebagai kota yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan kecerdasan.

“Investasi di Nusantara adalah investasi masa depan. Tren hijau ke depan harus bisa kita kuasai, dan Nusantara International Convention Center and Hotel ini diharapkan bisa menjadi tempat pertemuan, konvensi, dan eksibisi bertaraf internasional yang akan mendukung Ibu Kota Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga:   Pemerintah Usulkan Perubahan UU IKN Masuk Prolegnas 2023, Akomodir Skema Pembiayaan IKN
Foto: HUMAS OTORITA IBU KOTA NUSANTARA

Plt. Kepala Otorita IKN, M.Basuki Hadimuljono, turut menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur seperti Nusantara International Convention Center and Hotel adalah langkah strategis dalam memperkuat posisi Nusantara sebagai pusat kegiatan bisnis dan ekonomi.

“Pembangunan ini sejalan dengan visi kita untuk menciptakan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang mengutamakan keberlanjutan, dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif,” ujar Basuki.

Berlokasi strategis di area 1B dan berluas 12 hektar, Nusantara International Convention Center and Hotel diharapkan menjadi icon dari Nusantara untuk menyelenggarakan acara-acara kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Gedung Convention Center ini dirancang dengan kapasitas kurang lebih 10.000 orang.

Proyek dengan nilai investasi Rp 2 Triliun ini, selain akan meningkatkan kualitas dan daya tarik Nusantara, juga dirancang untuk sejalan dengan prinsip cerdas, hijau, dan berkelanjutan yang menjadi landasan utama pembangunan Nusantara.

Deputi Presiden RGE Indonesia, Bernard Riedo menyampaikan, RGE Group berkomitmen penuh dalam mendukung pembangunan Nusantara. Sebagai langkah awal, komitmen RGE Group diwujudkan dalam groundbreaking untuk pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel.

Baca Juga:   KSAD TNI Jenderal Dudung Tinjau Lokasi Mabes TNI AD di IKN

“Kami harap pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai visi dan misi Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan terutama dalam mendukung kelancaran kegiatan bisnis dan ekonomi di Nusantara,” ujar Bernard.

Adapun rencana pembangunan hotel berbintang lima yang terhubung dengan International Convention Center untuk menunjang kegiatan MICE. Hotel akan menyediakan kurang lebih 200 kamar tipe suites room yang didesain dengan konsep modern dan berkelanjutan.

Pembangunan Nusantara dengan konsep Kota Berkelanjutan, kata Bernard, juga sejalan dengan filosofi bisnis 5C dari RGE Group, yaitu bahwa bisnis harus mengerjakan apa yang baik bagi Masyarakat (Community), baik bagi Negara (Country), baik bagi Iklim (Climate), baik bagi Pelanggan (Customer), dan dengan demikian akan baik bagi Perusahaan (Company). (*Rls/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER