spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Bupati PPU Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu yang Sejuk, Damai, Tanpa Hoax dan Tanpa Politik Identitas

PPU – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin menghadiri Deklarasi Pemilu Damai dan Doa Bersama Lintas Agama. Dalam rangka Pilkada serentak Kalimantan Timur Tahun 2024, yang digelar di Gedung BSCC Dome Balikpapan, Selasa (24/09/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh peserta kontestasi Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Kota dan juga Provinsi. Pelaksanaan acara tersebut dimaksudkan untuk membuat kesepakatan bersama antara seluruh elemen masyarakat, untuk selalu menjaga kodusifitas selama pelaksanaan Pemilu Kepada Daerah Tahun 2024.

Ditemui usai kegiatan, Zainal mengungkapkan harapannya terhadap pelaksanaan Pilkada PPU 2024 bisa berjalan lancar. Ia menuturkan semoga pemimpin terpilih nantinya benar benar merupakan bagian dan aspirasi dari masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan aksi deklarasi ini, deklarasi damai, kita semakin meningkatkan kesadaran kita untuk mewujudkan Pemilu yang sejuk, damai, tanpa hoax tanpa politik identitas, tadi sudah kita deklarasikan bersama, bersama seluruh komponen yang ada di Kalimantan Timur dan terutama di PPU juga,” ungkapnya.

Selain itu, situasi penyelenggaraan yang kondusif juga akan mampu melahirkan pemimpin yang terbaik untuk PPU ke depannya. Oleh karena itu, Pemkab PPU berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan dengan mendukung penciptaan keamanan dan ketertiban.

Baca Juga:   Persiapan Pilkada PPU 2024, KPU Perkirakan Terjadi Penambahan Pemilih dan Perampingan TPS

“Kita juga ikut mendukung deklarasi damai, mudah-mudahan terwujud agar kita bisa mendapatkan Pimpinan Daerah yang betul-betul menjadi bagian dari aspirasi masyarakat”, tegas Zainal.

Pelaksanaan deklarasi pemilu damai di tandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh seluruh paslon, baik paslon pemilu Kabupaten Kota dan Provinsi, selain itu usai penandatanganan deklarasi damai, seluruh peserta kontestasi Pemilu Kada membacakan deklarasi pemilu damai yang di pimpin oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur.

Adapun isi dari naskah deklarasi tersbut ialah :
“Deklarasi Damai Pilkada Serentak 2024 Provinsi Kalimantan Timur, Kami KPU Provinsi Kaltim, KPU Kabupaten Kota Se-Kaltim, Bawaslu Provinsi Kaltim, Bawaslu Kabupaten Kota Se- Kaltim, Forkopimda Provinsi Kaltim, Forkopimda Kabupaten Kota Se-Kaltim, Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kota Se-Provinsi Kaltim, Ketua Partai Politik Tingkat Provinsi Kaltim, Kominda Provinsi Kaltim, Tim Sukses Pemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarkat, Tokoh Adat dan Akademisi, Ketua Ormas Provinsi Kaltim, Siap mendukung dan mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 Damai Aman dan Terkendali di Wilayah Kalimantan Timur, No Politik Identitas, No Money Politik, No Sara, No Hoax”.

Baca Juga:   PPI PPU Mulai Persiapkan Paskibraka 2023

Sementara itu, Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik dalam sambutannya mengimbau pada seluruh masyarakat dan organisasi terkait agar selalu menciptakan kondisi yang aman dan damai. Sehingga Pemilu Kepala Daerah 2024 di Kalimantan Timur dapat berjalan dengan sukses lancar dan aman.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, kami akan memastikan seluruh perangkat daerah siap bersinergi dengan DPRD, Bawaslu, dan lembaga-lembaga lainnya untuk menjamin terselenggaranya Pilkada yang tertib dan lancar,” ucapnya.

Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, Polri khususnya Kepolisisan Daerah Kalimantan Timur dan seluruh jajaran di bawah kepemimpinan Kapolda Kaltim menyelenggarakan operasi kepolisian yang dilaksanakaan tanggal 26 agustus 2024 sampai dengan februari 2025, mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dini rangkaian kegiatan Pilkada yang di tujukan untuk terciptanya keamanan kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pilkada Serentak Kalimantan Timur Tahun 2024.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai wujud kebersamaan dan persatuan kita, kami meyakini dengan semangat kebersamaan dan kesadaran pentingnya menjaga kedamaian kita mampu menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi Kalimantan Timur”, tutupnya (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

Baca Juga:   Optimis Paslon ANDA Menang di Pilkada PPU 2024, 15 Tahun Konsisten Pertahankan Basis Pemilih
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER