spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

700 dari 3.000 ASN PPU sudah KTP Digital

PENAJAM– Penerapan kartu tanda penduduk (KTP) digital mulai diterapkan secara bertahap di  Penajam Paser Utara (PPU). Hingga tutup tahun 2022, diperkirakan 700 warga Benuo Taka telah menggunakan sistem identitas baru tersebut.

KTP digital yang mulai diterapkan pada Desember 2022 ini, dengan sasaran awal para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten PPU. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

“Di Desember kemarin, seluruh pegawai di lingkungan sekretariat Pemkab PPU sudah mulai menggunakan,” ujar Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) PPU Mawar, baru-baru ini.

Untuk diketahui, jumlah pegawai di Pemkab PPU ada sekira 3.000 lebih. Maka itu, ke depan pihaknya kembali menyasar ke dinas-dinas hingga ke level kelurahan lain dalam penerapannya.

Mawar menjelaskan, adanya KTP Digital ini memudahkan pelayanan administrasi. Satu contohnya, bila masyarakat tidak membawa KTP dalam bentuk cetak.

KTP digital bisa diakses dengan menggunakan smartphone (ponsel/telepon genggam pintar), lanjut dia, serta terkoneksi dengan data kependudukan. KTP digital juga bisa dicetak di seluruh Kantor Dinas Dukcapil, jika masyarakat membutuhkan KTP dalam bentuk cetak.

Baca Juga:   Ketua DPRD PPU Minta Pusat Realisasikan Jembatan Tol Teluk Balikpapan

“Penerapan KTP digital merupakan upaya pemerintah mengantisipasi kehilangan dokumen kependudukan,” sebut dia.

Lebih lanjut, penerapan untuk masyarakat umum akan dilakukan setelah semua ASN di PPU menggunakannya. Namun sebelum itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi penggunaannya terlebih dahulu. “Masyarakat juga nanti akan menggunakan KTP digital, kita tuntaskan dulu seluruh ASN,” pungkas dia. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER