spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

3 Ribu Pemilih Pemula di PPU Belum Punya KTP

PPU – Masih banyak calon pemilih baru di Penajam Paser Utara (PPU) belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Hal ini menjadi permasalahan daerah yang ditargetkan segera tuntas oleh Dinas Kependudukan dan Pecantatatan Sipil (Dukcapil) PPU sebelum Pemilu 2024 mendatang.

Dari catatan mereka, ada lebih dari 3.000 pemilih pemula di seluruh kecamatan yang ada di PPU. Utamanya terdiri dari kalangan pelajar sekolah menengah atas (SMA).

Plt Kepala Dukcapil PPU Mawar menyebutkan hal ini saat ini sudah menjadi konsen pihaknya. Pun hal ini termasuk dalam beberapa poin dari hasil koordinasi bersama KPU PPU.

“Kami tengah mempercepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula sebelum 2024, atau masa Pemilihan Umum,” ujar dia, Rabu (12/7/2023).

Menurut pengamatan OPD ini, kendalanya diketahui karena kebanyakan pelajar itu belum mau mengurus KTP. Lebih spesifik lagi, karena mereka memang belum berusia 17 tahun. Tentu hal ini dapat dimaklumi.

“Kendalanya biasa anak-anak tidak mau direkam saat pakai pakaian sekolah, ada juga yang belum mau karena belum cukup 17 tahun,” ungkap Mawar.

Baca Juga:   Otorita IKN: Pengadaan Lahan Bandara VVIP Berpusat di Bank Tanah dan Pemkab PPU

Padahal seyogyanya, mereka dapat melakukan perekaman terlebih dahulu. Kemudian KTP tersebut diterbitkan tetap saat dia berusia 17 tahun nantinya yang tentunya sebelum hari pemilihan.

“Kami hanya melakukan perekaman, sementara KTP-nya nanti diterbitkan setelah usianya masuk,” jelas dia.

Menyikapi hal ini, upaya yang dilakukan ialah dengan memfokuskan program jemput bola ke sekolah-sekolah. Pelaksanaan ini sekaligus menyosialisasikan perlunya e-KTP agar bisa menyalurkan hak pilihnya nanti.

“Hampir setiap minggu, pihaknya mendatangi sekolah-sekolah di seluruh kecamatan, sekaligus mendatangi sekolah-sekolah,” tutup Mawar. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER