spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Gelar Sosialisasi Pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) PPU. Kegiatan ini bertempat di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU pada Selasa (3/9/2024).

Giat ini diselenggarakan sebagai wujud memantapkan komitmen kinerja dalam rangka meningkatkan pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemkab PPU. Dalam kegiatan ini, jajaran Setkab PPU dan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah – Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN).

Makmur menerangkan, hasil pengukuran IKK 2023, secara Nasional mengalami peningkatan cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2021. “Tahun 2021 yang lalu hanya 40 persen, dan jumlah partisipasi instansi pusat dan daerah yang mengikuti pengukuran IKK juga meningkat 97 persen,” terangnya.

Kemudian masih banyak kebijakan dan regulasi yang diterbitkan hanya sebagai syarat pemenuhan penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Yang mana itu menekankan pada jumlah dan kuantitas regulasi yang dibuat, bukan pada kualitas kebijakan tersebut.

“Oleh karena itu, untuk mendorong setiap kebijakan publik perlu disertai evidence based yang kuat, inovatif, partisipatif kelompok kepentingan dan komunikatif sebagai modal utama dalam mengupayakan kebijakan publik yang berkualitas,” pungkas Makmur. (ADV/*DiskominfoPPU/SBK)

Baca Juga:   Bupati PPU Apresiasi Tinggi Gelaran Festival Ungan Berayak Sesulu
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER