spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kemenhub Gelar Sosialisasi Terkait Keselamatan Penerbangan di PPU

PPU – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan menggelar sosialisasi keselamatan penerbangan. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Jumat, (26/7/2024).

Kegiatan sosialisasi ini digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas dan koordinasi efektif guna pemenuhan ketentuan regulasi penerbangan. Serta upaya untuk memberikan pemahaman semua pihak, termasuk penumpang, kru, dan masyarakat.

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun saat membuka acara ini mengatakan sebagaimana diketahui, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Yang mengamanatkan untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Hal ini bukan hanya tugas dari pemerintah dan otoritas penerbangan. Tetapi hal itu menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita harus berkomitmen untuk mematuhi semua ketentuan yang ada, mengikuti standar operasional, dan bekerja sama untuk menjaga keselamatan di setiap aspek penerbangan,” katanya.

Dalam setiap perjalanan udara, lanjutnya, ada banyak pihak yang terlibat. Penumpang, kru pesawat, petugas bandara, serta masyarakat di sekitar bandar udara.

Keselamatan penerbangan juga bukan hanya tanggung jawab pilot atau petugas keamanan. Melainkan merupakan tanggung jawab bersama. 

Baca Juga:   141 Jamaah Haji PPU Tiba, Makmur: Alhamdulillah Semua Kembali dengan Selamat

Dengan memahami peraturan dan ketentuan yang berlaku, Makmur berharap penumpang bisa berkontribusi untuk menciptakan lingkungan penerbangan yang aman.

“Oleh karena itu, sosialisasi ini saya rasa sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada semua pihak. Saya juga berharap semua peserta dapat menyerap informasi yang disampaikan, berdiskusi, serta bertanya jika ada hal-hal yang belum jelas. Mari kita gunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman,” jelas Makmur.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan penerbangan. Misalnya, dengan melaporkan keadaan yang mencurigakan di sekitar bandar udara, tidak membawa barang-barang terlarang, dan sebagainya.

“Karena setiap tindakan kecil yang kita lakukan dapat berkontribusi besar terhadap keselamatan penerbangan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, I Kadek Yuli Satrawan menyampaikan Keselamatan Penerbangan adalah upaya dan kebijakan untuk mengurangi segala macam risiko kecelakaan selama penerbangan berlangsung.

Selain itu keamanan penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan kepada penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan pemanfaatan sumber daya manusia, fasilitas, dan prosedur.

Baca Juga:   Kolaborasi DLH PPU-PHKT Bantu Kelola Sampah di TPA Buluminung

“Namun terdapat beberapa ancaman serius bagi keselamatan dan keamanan penerbangan seperti layang-layang yang berpotensi terhisap oleh mesin pesawat, selanjutnya penggunaan laser yang digunakan tidak pada tempatnya yang dapat menyebabkan pilot kehilangan fokus bahkan kebutaan, selanjutnya pengoperasian pesawat udara tanpa awak yang tidak dilengkapi dengan perizinan, serta balon udara yang dapat tersangkut pada pesawat,” terangnya.

Adapun Ketua Pelaksana kegiatan ini, Sutio mengatakan bahwa sesuai dengan tema sosialisasi Keselamatan dan Keselamatan Penerbangan Tanggung Jawab Bersama merupakan inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya berkontribusi dalam mendukung keselamatan di bandara.

“Kampanye ini diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan dan insiden dalam lingkungan penerbangan,” tutup Sutio. (ADV/ProkopopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER