spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perjalanan Jurnalistik ke Kota Jogja, Tingkatkan Peran Jurnalis PPU Songsong IKN

PPU – Sebagai upaya meningkatkan wawasan pekerja media massa di Benuo Taka, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) melalui Diskominfo PPU mengajak jurnalis mengunjungi Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari kegiatan Perjalanan Jurnalistik kali ini, para wartawan diharapkan dapat menambah kompetensinya dalam memproduksi berita berkualitas.

Kegiatan ini digelar sejak Selasa (2/7/2024) hingga Jumat (5/7/2024). Dengan agenda utama selama 2 hari, 3-4 Juli 2024. Dimulai mengunjungi Pemkot Yogyakarta dalam kunjungan kerja jurnalistik yang dipimpin langsung Pj Bupati PPU, Makmur Marbun, Rabu (3/7/2024).

Didampingi Kepala Diskominfo PPU, Khairudin, Makmur menuturkan kunjungan ini dimaksudkan untuk mengadopsi sistem kerja profesional penyebarluasan informasi di Jogja, sebutan Kota Yogyakarta. Alasannya, kerja jurnalis di PPU dipastikan akan segera mengalami perubahan, sejalan dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Jadi maksud dan tujuan Kami, agar teman-teman bisa melihat bagaimana Pemkot Yogyakarta dalam mengawal pembangunan. Terutama membangun kemitraan dengan media massa yang menjadi partner dari Pemkot sendiri,” katanya.

Menurutnya, peningkatan kemampuan itu diperlukan, terlebih informasi yang disampaikan oleh jurnalis di PPU juga akan terbaca di seluruh dunia. Sehingga penting untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan.

Baca Juga:   Disnakertrans PPU Buka Pendaftaran Pelatihan Operator Welder dan Forklift Gratis

“Peran media dalam pemerintahan sangatlah penting, terutama dalam pembangunan daerah. Khususnya untuk PPU yang menjadi penyangga IKN, dan para jurnalis ini diharapkan dapat selalu memberikan informasi terkini dan akurat kepada masyarakat. Sehingga masyarakat juga tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax yang beredar,” sebut Makmur.

Ia berharap, dari kunjungan ini semua pihak dapat belajar dengan baik, efektif, efisien, dan optimal. Ia meyakini melalui kerjasama yang erat dengan Pemkot Yogyakarta, strategi yang tepat dapat diimplementasikan untuk mencapai pembangunan yang baik itu.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas. Jadi, yang baik bisa diambil, dan diterapkan di PPU,” tegasnya.

Di sini, para jurnalis, termasuk jajaran Bagian Humas dan Protokol Setkab PPU serta Diskominfo PPU mendapatkan pengenalan secara umum tentang Kota Pelajar ini. Pemaparan itu disampaikan langsung oleh Pj Walikota Yogyakarta, Sugeng Purwanto didampingi Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono.

Dalam sambutannya, Sugeng Purwanto mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi di Jogja tidak terlepas dari peran media. Yang ikut menyebarluaskan informasi yang ada di pemerintahan melalui media cetak maupun media online.

“Teknologi informasi ini menjadi garda terdepan kami dalam memberikan perhatian kepada masyarakat. Sehingga, Informasi yang disampaikan pada media ke masyarakat juga membantu pembangunan Kota Yogyakarta lebih baik,” ucapnya.

Baca Juga:   DPRD PPU Dorong Pemkab Evaluasi Kinerja Sektor Olahraga

Di hari selanjutnya, Kamis (4/7/2024), para jurnalis PPU diajakn untuk mengelilingi Kota Jogja. Kemudian mampir ke berbagai destinasi, diantaranya, Omah Oblong (tempat pembuatan kaos dan jualan kaos oleh-oleh), rumah produksi ⁠Bakpia Pathok 25, rumah produksi  ⁠Bakpia Kukus Tugu Jogja dan ⁠Pasar Beringharjo serta Jalan Malioboro. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER