spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bantu Maksimalkan Produksi, Pj Bupati PPU Serahkan Bantuan Pusat ke Nelayan Desa Babulu Laut

PPU – Dalam rangka mendukung sektor perikanan di Penajam Paser Utara (PPU), Pj Bupati PPU, Makmur Marbun menyerahkan bantuan ke nelayan di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Selasa, (2/7/2024). Adanya bantuan dari pemerintah pusat ini didarapkan dapat mendorong peningkatan produksi para nelayan.

Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024 yang disalurkan melalui Dinas Perikanan (Diskan) PPU. Bantuan tersebut berupa kapal dan alat tangkap.

“Bantuan ini bersumber dari DAK pemerintah pusat. Namun, bantuan ini tidak akan sampai di sini tanpa perjuangan yang kami lakukan di pusat. Tidak ada bantuan yang turun dari langit,” katanya.

Bantuan ini, lanjutnya, sebagai salah satu upaya Pemkab PPU dalam mencari bantuan dari sumber anggaran yang lain. Pun menurut Makmur, tidak sedikit kepala daerah di Indonesia yang datang ke pusat untuk mengajukan permohonan agar wilayahnya diberikan bantuan melalui DAK tersebut.

Belum lagi, terkait usulan daerah ke pemerintah pusat, sejauh ini sangat ketat dalam menyetujui usulan yang disampaikan. Terutama jika penjelasan yang diberikan tidak mampu meyakinkan pemerintah pusat.

Baca Juga:   Makmur Marbun Lepas dan Ikut serta dalam Kirab Drum Band Latsitardanus XLIV/2024

“Saya sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan nelayan di PPU. Semua saya jelaskan dengan sebaik-baiknya sesuai keinginan masyarakat PPU sehingga bantuan nelayan ini dapat diberikan,” jelas Makmur.

Ia berharap kapal dan alat tangkap nelayan yang diberikan tersebut dapat membantu nelayan. Khususnya di Desa Babulu Laut dalam meningkatkan hasil tangkapannya. Pun agar bantuan yang telah diterima dapat dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga kapal dan perlengkapan nelayan lainnya tidak mudah rusak dan dapat digunakan lebih lama.

“Tolong dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya seluruh kapal-kapal nelayan ini. Semoga bantuan ini dapat membantu para nelayan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia memastikan adanya bantuan ini tidak berhenti sampai di sini. Saat ini, ia juga telah memperjuangkan bantuan bagi nelayan lainnya di wilayah PPU. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat perjuangan saya di pusat untuk membantu para nelayan kita di PPU bisa terwujud,” sebut Makmur.

Kepala Diskan PPU, Rozihan Asward menambahkan bahwa bantuan yang diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maju Bersama Desa Babulu Laut. Berupa kapal nelayan sebanyak 15 unit berukuran 13 Gross Tonnage (GT) yang telah dilengkapi mesin kapal, alat tangkap ikan, dan sarana keselamatan pelayaran.

Baca Juga:   Disnakertrans PPU Gelar Bursa Kerja Oketober Mendatang

“Hari ini Bapak Pj Bupati PPU telah menyerahkan secara simbolis bantuan kepada nelayan di Desa Babulu Laut berupa kapal ketinting bahan fiber dan mesin ketinting GX 390 sebanyak 15 unit, alat rakkang 780 unit, life jacket 30 unit, dan cool box 15 unit,” pungkasnya. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER