spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri Sosialisasi PDSK, Makmur Marbun; Percepatan Perolehan Tanah dan Komitmen Kesejahteraan Masyarakat di IKN

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menghadiri Sosialisasi Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK). Kegiatan ini digelar di Ruang Rapat VIP Abipraya Sepaku, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan mempercepat perolehan tanah di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua Adat Pemaluan, tokoh masyarakat Pemaluan, Lurah Pemaluan, para Ketua RT, serta warga Kelurahan Pemaluan dan pada sesi kedua dihadiri juga oleh masyarakat Sepaku yang juga terdampak pembangunan IKN.

Dalam acara ini, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menegaskan pentingnya proyek IKN sebagai upaya pemerintah untuk menciptakan keadilan sosial di Indonesia. “Pembangunan IKN di Kalimantan Timur adalah bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa selama ini, pembangunan dan ekonomi di Indonesia cenderung terpusat di Pulau Jawa. “Dengan perpindahan IKN ke Benua Etam, kita akan mewujudkan Indonesia sentris yang mampu memicu pertumbuhan ekonomi, terutama di Kalimantan dan wilayah timur Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga:   Bawaslu Bakal Bangun Posko Pengawasan Medsos, Pantau Netralitas ASN PPU di Pemilu 2024

Dalam pertemuan tersebut, Akmal mengingatkan pentingnya kesejahteraan masyarakat sekitar IKN. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk segera melakukan pertemuan di lapangan guna membahas lebih lanjut program PDSK.

“Sebagai Pj Gubernur Kaltim dan Dirjen Otonomi Daerah, saya wajib memastikan masyarakat saya terlindungi dan hak-haknya terpenuhi,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Bupati PPU, Makmur Marbun menekankan pentingnya kerja sama dan komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat untuk menyukseskan proyek IKN. Pun ia memberikan arahan kepada seluruh jajaran terkait untuk aktif berpartisipasi dalam upaya penanganan dampak sosial kemasyarakatan.

“Kita harus memastikan bahwa seluruh proses perolehan tanah berjalan dengan lancar dan adil, serta memperhatikan dampak sosial yang timbul di masyarakat,” ujarnya.

Dengan harapan bahwa proyek IKN akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kaltim, PPU khususnya.

“Pemerintah daerah akan terus berupaya memberikan solusi terbaik bagi masyarakat terdampak, termasuk memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan. Semoga kehadiran IKN dapat menjadi berkah dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kualitas hidup bagi kita semua,” pungkas Makmur. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

Baca Juga:   Resmi Usung Pasangan Hamdam-Basir di Pilkada PPU, Partai Gelora; Punya Nilai Strategis IKN
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER