spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bawaslu RI Hadir dan Turut Awasi Penghitungan Ulang Surat Suara di PPU

PPU – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Herwyn JH Malonda awasi langsung perhitungan ulang surat suara di Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal ini menurutnya merupakan tugas utama Bawaslu agar menjamin seluruh pencalonan yang baik.

Herwyn menghadiri penghitungan ulang surat suara di Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di PPU, di antaranya TPS 26 Kelurahan Petung dan TPS 15 Kelurahan Waru. Ia menjelaskan kehadirannya sebagai motivasi bagi semua yang terlibat dalam proses penghitungan suara ulang agar dapat menjalankan sesuai dengan tugasnya.

“Sambil nantinya itu Kami akan melaporkan hasilnya ke Mahkamah Konstitusi (MK).” terangnya, Rabu (26/06/2024).

Ia menerangkan bahwa dalam prosesnya berjalan cukup baik. Namun, dirinya masih melihat perkembanganya, hingga sesi berakhir. Penghitungan ini menurutnya untuk memberikan kepastian kepada pemohon yang menggugat hasil tersebut.

“Sebenarnya ini guna memastikan perihal memastikan keadaan sebenarnya terhadap perolehan suara sesuai dengan Dapil I Kaltim DPR RI,” terangnya.

Hewyn juga menjelaskan menuju Pilkada 2024 kurang lebih sama dengan tahapan sebelumnya. Pihaknya telah mengerahkan seluruh anggota bawaslu baik tingkat kabupaten dan kecamatan untuk melakukan pemetaan masalah terkait pelaksanaan pilkada nantinya.

Baca Juga:   Pemkab PPU Akan Hadirkan Syech Ali Akbar Marbun dalam Gelaran PPU Bersholawat 2024

“Bisa diambil dari kejadian yang lalu, apakah ada problem terkait dengan tahapan pemilu, termasuk dengan isu money politik yang pastinya akan masif,” tahmbahnya.

Ia berharap Bawaslu dapat melakukan pengawasan dan beradaptasi dengan merencanakan strategi pengawasan dengan isu kekinian.

“Terlebih untuk melibatkan masyarakat lebih luas,” tandasnya.

Penulis: Nelly Agustina

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER