spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menhub RI Tinjau Pembangunan Bandara VVIP IKN, Pj Bupati PPU Pastikan Beroperasi saat Pelaksanaan HUT Ke-79 RI 2024

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun mendampingi langsung agenda kunjungan kerja (kunker) Menteri Perhububungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya pembangunan Bandara VVIP yang berada di wilayah Kabupaten PPU, Jumat, (21/6/2024).

Titik awal dalam kunker tersebut adalah pembangunan bandara VVIP IKN. Baik dari sisi udara maupun sisi darat serta sarana lainnya yang menjadi akses mobilisasi lalulintas baik udara maupun sisi laut dan darat jelang dilalsanakannya upacara HUT RI ke-79 pada Agustus 2024 mendatang di IKN.

Makmur mengatakan kedatangan Menhub untuk melihat langsung progres sarana pendukung IKN khususnya berkaitan dengan pembangunan Bandara VVIP di PPU, jalan tol, akses pelabuhan dan sarana pendukung lainnya yang nantinya menjadi bagian pendukung kelancaran pelaksanaan upacara 17 Agustus mendatang di IKN.

“Inti dari kunker ini melihat langsung capaian progres yang ada, dan dipastikan setelah melihat paparan dan progresnya dilapangan bahwa agustus mendatang Bandara VVIP IKN bisa dioperasikan untuk mendukung upacara 17 Agustus di IKN,” ucapnya.

Baca Juga:   Dampingi Presiden Jokowi Groundbreaking Tiga Proyek Perbankan di IKN, Makmur; Kami Dukung Penuh

Selain itu, ia menerangkan tidak saja pada pembangunan bandara VVIP IKN, tetapi juga pada progres pembangunan akses konektivitas jalan tol dan unsur pendukung lainya yang juga bagian dari sinergi pemerintah Pemkab PPU berjalan dengan baik.

“Sampai hari ini Pemkab PPU terus bersinergi dalam mendukung percepatan pembangunan maupun sarana dan prasarana dalam mensukseskan terlaksananya upacara 17 agustus yang pertama kalinya dilaksanakan di IKN Nusantara,” tegasnya.

Sementara dalam kunjungan itu, Menhub RI Budi Karya Sumadi menjelaskan kedatangan di kawasan pembangunan infrastruktur pendukung IKN tersebut guna memastikan langsung progres pembangunan infrastruktur berjalan sesuai target yang telah ditentukan. Namun yang utama memang yang berkaitan dengan sarana transportasi jelang upacara 17 Agustus yang akan datang.

“Ini merupakan kali kedua saya berkunjung ke proyek bandara IKN pada bulan Juni 2024. Saya benar-benar ingin memastikan bahwa bandara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024 guna mendukung konektivitas di wilayah IKN, khususnya dalam rangka menyukseskan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:   PPU Terpilih jadi Calon Tuan Rumah Penganugerahan Desa Antikorupsi 2023

Menurutnya progres pembangunan di dua lokasi termasuk lokasi bandara dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya secara umum sudah baik dan menunjukkan perkembangan yang signifikan. “Jika dibandingkan dengan kondisi beberapa minggu lalu, perubahannya sudah terlihat jelas, terutama di bagian landas pacu dan gedung terminal,” bebernya.

Ia juga sangat mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para pekerja yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan proyek bandara ini. Dijelaskannya bahwa progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-27 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya pekerjaan atap, elektrikal, dan pipa plumbing di Terminal VVIP. Kemudian pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, rangka baja, dan dinding termasuk sarana pendukung lainnya.

“Saat ini landas pacu Bandara IKN sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama, sehingga pada 1 Agustus 2024 nanti sudah bisa didarati oleh pesawat narrow body. Bandara IKN nantinya juga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar, ” pungkas Budi. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER