spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komite Parekraf PPU jadi Mitra Strategis Pemerintah dalam Kemajuan Kepariwisataan Songsong IKN

PPU – Geliat pengembangan potensi kepariwisataan di Penajam Paser Utara (PPU) semakin menunjukan keseriusasnya. Hal ini diwujudkan dengan dukungan atas terbentukanya Komite Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) PPU.

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun menuturkan pembentukan komite ini mengambil langkah progresif dan sinergitas antara pegiat pariwisata dan pelaku eknomi kreatif (ekraf) dan pemerintah daerah. Oleh karena itu, Pemkab PPU sangat mendukung terbentuknya  mendukung pembentukan Komite Parekraf PPU ini.

“Kami percaya bahwa melalui sinergi antara sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Penajam Paser Utara, dapat menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan. Sementara juga menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha baru bagi penduduk lokal,” ucapnya saat momentum pertemuan dengan pengurus Komite Parekraf PPU di ruang kerjanya, Rabu (19/6/2024).

Selain itu, langkah ini sejalan dengan rencana percepatan akselerasi pertumbuhan perekonomian daerah. Khususnya dalam sektor kepariwisataan seiring pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kaltim.

“Dengan terbentuknya Komite Parekraf PPU ini, Kami ingin mengoptimalkan potensi wisata, ekonomi kreatif yang ada di PPU. Agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang aktif di bidang tersebut, sejalan dengan kemajuan daerah yang juga berkaitan dengan pendapata asli daerah (PAD) ke depannya,” tegas Makmur.

Baca Juga:   Otorita IKN Teken Kerja Sama Rencana Pembangunan Hunian dengan PT Bina Karya dan PT Agung Podomoro Land

Sekadar informasi, Komite Parekraf PPU merupakan sebuah badan independen non-pemerintah yang dibentuk oleh kepala daerah. Memiliki tugas strategis dalam menyokong program pembangunan ekonomi daerah di sektor pariwisata dan industri kreatif.

Komite ini nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dan menjadi bagian dari visi pemerintah yang memprioritaskan pengembangan sektor perekonomian di bidang kepariwisataan.

Adapun program kerja komite ini, setidaknya meliputi industri digital, kuliner, fashion, seni dan budaya, dan beragam sektor lainnya. Terlebih dari itu, juga memiliki tugas pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Komite Ekraf akan berfungsi sebagai wadah koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah deerah, pelaku usaha, dan komunitas kreatif lokal di Kabupaten PPU,” ujar Ketua Komite Parekraf PPU, Rizal Ramadhan.

Ia memastikan, terbentukanya komite ini menandai langkah transformatif dalam kemajuan PPU di sektor pariwisata dan industri kreatif. Pun memastikan diri mampu memberikan kontribusi positif dan menjadi bagian dari visi pemerintah yang memprioritaskan pengembangan kedua sektor tersebut.

“Kami akan menjadi mitra strategis pemda untuk menentukan arah kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif di PPU,” pungkasnya. (*SBK)

Baca Juga:   KPU Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Pj Bupati PPU Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilihan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER