spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri Power Talk Nusantara, Sekretaris Otorita IKN Sampaikan Masa Depan Ibu Kota Baru Indonesia

NUSANTARA – Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya, S.H., LL.M. menyampaikan betapa penting dan strategisnya keputusan pembangunan Ibu Kota Nusantara bagi bangsa Indonesia dalam agenda IPMI Power Talk Series dengan tema ‘Nusantara: The New Indonesia’s Capital City Towards Golden Indonesia 2045’ di Jakarta pada Sabtu, (15/06/2024).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut IPMI tersebut, Jaka menyoroti pentingnya pembangunan ibu kota baru, Nusantara, tidak hanya untuk pemerintahan saat ini tetapi untuk seluruh bangsa.

“Keputusan untuk memindahkan ibu kota adalah keputusan yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia, karena tercantum dalam Undang-Undang. Langkah ini bukan hanya keputusan Presiden, tetapi juga merupakan upaya pembangunan bangsa yang melibatkan pemahaman dan penerapan kerangka hukum yang efektif,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah-langkah pembangunan Nusantara disandarkan kepada empat visi utama yang menjadi acuan membangun Nusantara sebagai bagian dari Visi Indonesia Emas 2024.

“Pembangunan IKN ini bukan hanya tentang memindahkan Ibu Kota, namun juga membangun peradaban baru. Ibu Kota Indonesia ini dipindahkan sejauh 1.236 KM, tentunya ini adalah tantangan yang luar biasa. Ada empat visi utama yg menjadi acuan dalam membangun Nusantara sebagai bagian dari Visi Indonesia Emas 2024; yaitu kualitas manusia yang unggul berbasis IPTEK, ekonomi yang maju dan berkelanjutan, pembangunan yang merata dan inklusif, dan pemantapan ketahanan nasional, serta tata kelola kepemerintahan,” paparnya.

Baca Juga:   Raup Muin Peduli Stunting Daerah

Menanggapi hal tersebut, Prof. Ir. Aman Wirakartakusumah M.Sc., Ph.D selaku Rektor Institut IPMI menyampaikan bahwa agenda ini akan menyampaikan progres pembangunan fisik maupun kontribusi institusi pendidikan atau pengetahuan dalam proses pembangunan Nusantara.

“Hari ini kita akan membahas, tentunya kita mengharapkan paparan progress pembangunan IKN, kita juga coba melihat dari point of view dalam bidang pengetahuan. Selain itu mungkin bisa menjelaskan kesempatan bagaimana IPMI bisa berkontribusi dalam pembangunan IKN ini,”

Harapannya, penyelenggaraan acara ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pentingnya pembangunan Ibu Kota Nusantara, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada Sekretaris Otorita IKN mengenai berbagai aspek teknis dan strategis pembangunan tersebut. (*Rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER