spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penangkaran Rusa Sambar Pemkab PPU Mampu jadi Sarana Edukasi hingga Penghilang Stres Para Pegawai

PPU – Rusa Sambar yang berada di Penangkaran Rusa Sambar yang dikelola Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak untuk masyarakat umum, namun juga bagi pegawai di lingkungan Pemkab PPU.

Seperti tampak pada Jumat, (14/6/2024) pagi. Davindo salah satu pegawai di lingkungan Setkab PPU ketika ditemui saat berkunjung langsung ke lokasi penangkaran rusa yang tepat berada di belakang Kantor Bupati PPU, Kilometer 09 Nipah-Nipah ini.

“Selama ada penangkaran rusa ini di PPU, bagi saya ada hiburan tersendiri yang tidak jauh dari tempat bekerja. Kita bisa menyaksikan rusa-rusa di penangkaran ini bermain, makan dan sebagainya. Pokoknya seru bisa ngilangin stres deh,” kata Ahok, panggilan akrap Davindo.

Ia juga menuturkan, tempat yang diresmikan langsung oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik tiga bulan lalu ini, telah terjadi perkembangan yang baik dari rusa sambar tersebut. Tampak rusa-rusa yang sebelumnya terlihat sedikit kurus kini lebih gemuk dan mulai mau berinteraksi dengan pengunjung yang datang ke lokasi penangkaran ini.

Baca Juga:   Personel Satpol-PP PPU Turun ke Petung Tertibkan PKL

“Memang keberadaan rusa-rusa di penangkaran ini lebih terawat dan lokasinya juga luas sehingga pertumbuhannya lebih baik dibandingkan saat rusa-rusa tersebut berada di penangkaran Desa Api-Api, kecamatan Waru,” ucapnya.

Seperti diketahui, Penangkaran Rusa Sambar Pemkab PPU ini merupakan ide dari Pj Bupati PPU Makmur Marbun, untuk menjaga kelestarian hewan yang menjadi ikon Benuo Taka. Penangkaran ini telah diresmikan bertepatan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten PPU 11 Maret 2024 lalu.

Penangkaran ini juga terbuka untuk umum dengan fasilitas seperti gazebo yang disiapkan untuk kenyamanan pengunjung. Ke depan penangkaran tersebut juga akan dikembangkan lagi. Karena menurutnya rusa sambar yang merupakan hewan endemik PPU tersebut benar-benar hidup di tengah masyarakat.

“Maknanya apa, kita menjaga warisan leluhur dan menjaga lingkungan kita. Menurut saya belum lengkap, karena rusa sebagai ikon daerah tetapi hanya patung rusa saja yang terpampang di Pemkab PPU. Makanya saya minta harus ada penangkaran rusa di kawasan kantor Bupati PPU ini,” kata Makmur saat itu. (ADV/ProkopimPPU/Humas6)

Baca Juga:   Warga Butuh Bantuan Sumur Bor Hadapi Kekeringan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER