spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Otorita IKN Teken Kerja Sama Rencana Pembangunan Hunian dengan PT Bina Karya dan PT Agung Podomoro Land

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Badan Usaha Otorita (BUO) PT Bina Karya (Persero) dan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) telah menandatangani kesepakatan Kerja Sama tentang Rencana Pembangunan Hunian Pada Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Kesepakatan Kerja Sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama APLN Bacelius Ruru dan Direktur Utama Bina Karya Boyke Prasetyanto di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Kesepakatan Kerja Sama ini merupakan langkah awal dari sinergitas dalam rencana pembangunan hunian pada kawasan IKN sebagai salah satu solusi menjawab kebutuhan hunian di Kalimantan Timur.

Direktur Utama Agung Podomoro Land, Bacelius Ruru dalam sambutannya menyatakan bahwa IKN akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju sesuai visi Indonesia Emas 2045. “Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Sebagai masyarakat yang baik tentu kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari visi Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi dalam pembangunan IKN,” ujar Ruru.

Baca Juga:   Dinas PUPR PPU Sosialisasikan Penerapan Perubahan Kebijakan IMB Jadi PBG
Foto: (Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Rencana kontribusi Agung Podomoro di IKN sebelumnya telah disampaikan melalui surat minat investasi yang dikirimkan kepada Bina Karya pada Maret 2024 lalu. “Kami berterima kasih kepada Bina Karya sebagai perpanjangan tangan dari Otorita IKN yang dalam hal ini melakukan tindakan yang bersifat komersial dengan menanggapi surat minat kami,” kata Ruru.

Ruru menjelaskan, Agung Podomoro sangat jeli melihat peluang terbukti dengan berbagai proyek eksisting di Samarinda dan Balikpapan yang telah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Kedua kota tersebut merupakan pintu gerbang utama IKN. “Kami optimistis ini akan menjadi momentum penciptaan _captive market_ yang menjanjikan bagi perkembangan sektor properti,” kata Ruru.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bina Karya, Boyke Prasetyanto mengapresiasi kerja sama dengan Agung Podomoro. Ia menegaskan Agung Podomoro merupakan group pengembang besar dengan reputasi yang sangat kuat dalam membangun hunian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Ini sangat sesuai dengan prinsip pembangunan IKN yang kami siapkan. Kerja sama ini semakin memperkuat keyakinan kami untuk membangun IKN sebagai ibu kota masa depan,” kata Boyke.

Baca Juga:   Jokowi Cek Progres Pembangunan Infrastruktur IKN, Batal Kunjungi 2 Lokasi di Samarinda
Foto: (Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Menurut Boyke, sebagai tahap awal Agung Podomoro akan melakukan pembangunan hunian yang diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN). Ke depan, APLN diharapkan turut membangun kawasan hunian komersial di IKN. “Jadi pembangunan tidak lagi berupa persil, melainkan kami harapkan sudah berupa kawasan _mixed use_ yang dapat digunakan oleh masyarakat,” kata Boyke.

Boyke juga berharap ke depannya kerja sama antara Agung Podomoro dan Bina Karya dapat berjalan lancar. “Dalam pelaksanaannya kita harus saling mendengar dan saling berdiskusi. Semoga kerja sama kita bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Acara penandatanganan ini turut dihadiri oleh Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk. Bacelius Ruru beserta jajaran direksi PT Agung Podomoro Land Tbk. lainnya, Kepala Cabang Bank Kaltimtara Jakarta Hary Nugraha, dan Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto beserta jajaran direksi PT Bina Karya (Persero) lainnya. (*Rls/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER