spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Otorita IKN Raih Juara 1 Stand Terbaik dan Juara Stand Terinovatif di ICE Rakernas APEKSI XVII

NUSANTARA – Dalam rangka memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN), Otorita IKN berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia City Expo (ICE) yang merupakan rangkaian agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII. Kegiatan yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Balikpapan pada tanggal 4 s.d 6 Juni 2024 tersebut meraih animo tinggi dari para pengunjung.

Tidak hanya menuai antusias tinggi dari para pengunjung, Otorita IKN juga berhasil memboyong dua penghargaan di Rakernas APEKSI XVII tahun 2024 di Balikpapan. Pertama adalah Juara I untuk Stand Terbaik di Indonesia City Expo (ICE) dan kedua adalah Juara Stand Terinovatif di ICE. Adapun kegiatan pameran ICE tersebut diikuti oleh 98 kota dari seluruh Indonesia dan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sejak hari pembukaan hingga hari penutupan ribuan pengunjung dari usia anak hingga usia dewasa sangat antusias mengunjungi pameran IKN bahkan ada pengunjung yang setiap hari datang untuk mengunjungi pameran IKN. Pada pameran tersebut, Otorita IKN menampilkan beberapa teknologi seperti mini command center, smart pole, robot LG Cloi, smart whiteboard hingga memberikan pengalaman bersepeda secara virtual. Selain itu, Otorita IKN juga menghadirkan beberapa produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Otorita IKN yaitu kuliner, kriya dan fesyen.

Baca Juga:   DPRD PPU Apresiasi Prestasi Pemkab, Bijak; Jangan Berhenti di Adipura

Kepala Biro SDM dan Humas Otorita IKN, Firmananur menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei dan data jumlah pengunjung ada sekitar 300-400 pengunjung setiap harinya yang datang berkunjung dan terlibat secara langsung. “Itu menunjukkan bahwa Ibu Kota Nusantara bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga cita-cita kita ingin menjadikan kota ini layak dan nyaman di huni, yang dicintai bisa kita wujudkan. Jadi saya kira event-event seperti ini IKN akan turut ambil bagian, ini bagian juga dalam rangka mensosialisasikan apa yang sudah dilaksanakan dan apa yang akan dilaksanakan untuk Ibu Kota Nusantara,” jelas Firmananur.

Foto: Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

“Sangat baik sekali kita melibatkan anak-anak di usia sekolah sekarang, karena Ibu Kota Nusantara ini dibangun jangka panjang sampai 20 tahun yang akan datang, sampai 2045 Indonesia Emas, saya kira masanya mereka nanti juga akan sampai pada masa-masa dimana mereka juga akan dipersiapkan dari sekarang, dari knowledge, perilaku dan lainnya. Saya senang lihat banyak anak-anak (berkunjung) jadi mereka bisa lebih mengetahui teknologi yang ada di sini, mereka bermain dengan robot, mereka mencoba sepeda yang menghadirkan virtual experience dan semua yang ada di pameran ini,” pungkas Firmananur.

Baca Juga:   Hadiri Musrenbangnas 2024 di Jakarta, Pemkab PPU Siap Bersinergi dalam Pembangunan

Sonny salah satu pengunjung yang berasal dari Kota Balikpapan mengungkapkan kekagumannya terhadap pameran Otorita IKN, “Cukup tercengang dengan teknologi-teknologi yang ada dan gambaran IKN yang ditampilkan. Dan yang lebih kagetnya sih, ternyata pembangunannya terstruktur, sudah ada petanya, terstruktur banget, tertata rapi. Semoga kedepannya Indonesia mencapai visi misinya yaitu Indonesia Emas dengan hadirnya IKN di Kalimantan Timur”.

Sejalan dengan Sonny, Safruddin pengunjung yang berasal dari Kota Palu juga mengungkapkan pandangan dan harapannya terhadap IKN. “Teknologi yang digunakan sangat keren, luar biasa. Ini adalah kota yang betul-betul direncanakan dari awal. Ini adalah ibu kota negara yang ada di luar pulau Jawa yaitu Kalimantan, untuk kami yang dari luar Jawa terutama kami yang dari Sulawesi akan memberi dampak positif bagi kami. Kami juga akan mendukung untuk IKN ini baik dari kebutuhan pangan, material batu dan pasir”.

Dalam pameran tersebut, Otorita IKN juga membagikan beberapa souvenir kepada para pengunjung, dengan hadiah utama berupa sepeda lipat. “Senang banget, alhamdulillah, anak saya memang pengen banget punya sepeda, dari tadi juga nungguin (pembagian undian). Terima kasih, alhamdulillah. Mudah-mudahan IKN terwujud dan kota-kota penyangganya bisa sejahtera juga,” ujar Ame Maskuro, pengunjung dari Kota Balikpapan yang memenangkan hadiah sepeda. (*Rls/sbk)

Baca Juga:   Bocah 8 Tahun di PPU Meninggal Gagal Ginjal, Dinkes Selidiki Riwayat Pasien
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER