spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perkuat Sinergitas, KPU PPU Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 ke Insan Pers

PPU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar silatuhrahmi dan sosialisasi bersama insan pers mengenai tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Minggu (2/6/2024). Kegiatan ini diharapkan dapat membangun sinergitas dan kemitraan yang kuat dalam menyukseskan pesta demokrasi bagi masyarakat Benuo Taka.

Sosialisasi tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubnernur Bupati dan Wakil Bupati ini diadakan bertempat di Scako Coffee, Balikpapan. Adapun penyampaian materi dalam sosialisasi tersebut meliputi Pencalonan dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Perencanaan Data dan Informasi, Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, serta Hukum dan Pengawasan pada pesta demokrasi November mendatang.

Ketua KPU PPU Ali Yamin Ishak menyampaikan proses tahapan saat ini telah berjalan. Berkaitan dengan itu, ia mengharapkan dukungan media massa dalam sosialisasi seluruh tahapan ini pada seluruh masyarakat Benuo Taka. Dari adanya kegiatan ini, awak media diharapkan dapat membantu dan ikut menyukseskan kontestasi dengan damai dan penuh kegembiraan.

“Tanpa dukungan rekan-rekan media semuanya, tentunya berbagai kegiatan yang dilaksanakan KPU tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu, Kami juga berkewajiban melakukan publikasi dan sosialisasi lewat media massa,” ungkapnya.

Baca Juga:   Diskes PPU Dukung Kader Posyandu Tekan Kasus Stunting

Informasi dan publikasi tersebut, dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat untuk menentukan pilihannya dengan selektif. Serta turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Lebih dari itu, melalui media massa, KPU PPU juga dapat melakukan pendidikan politik pada calon pemilih. Sehingga ke depannya dapat menjadi pemilih yang selektif dalam menentukan kepala daerah Benuo Taka untuk 5 tahun ke depan.

Sejalan dengan itu, KPU juga akan terus berupaya untuk memenuhi target partisipasi pengguna hak suara pada Pilkada 2024 sebesar 80 persen. Adapun Daftar Pemilih pada Pilkada 2024 diperkirakan mengalami kenaikan dibandingkan Pemilu sebelumnya, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) 134.383 jiwa.

“Kami akan terus berupaya bersosialisasi kepada semua pemilih dan pemilih pemula. Juga terus melakukan sosialisasi pada masyarakat di semua kalangan,” sebut Ali.

Lebih lanjut, ia memaparkan berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan-tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, tahapan pemilihan terdiri dari tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Baca Juga:   Kolaborasi DLH PPU-PHKT Bantu Kelola Sampah di TPA Buluminung

Dalam tahapan persiapan ini KPU melakukan beberapa kegiatan antara lain perencanaan program dan anggaran; penyusunan peraturan penyelenggaraan Pemilihan; perencanaan penyelenggaraan yang meliputi penetapan tata cara dan jadwal tahapan pelaksanaan Pemilihan; pembentukan PPK, PPS, dan KPPS; pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan, Panitia Pengawas Lapangan, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara; pemberitahuan dan pendaftaran pemantau Pemilihan; penyerahan daftar penduduk potensial Pemilih; dan terakhir pemutakhiran dan penyusunan daftar Pemilih.

Pada prosesnya, KPU PPU telah melakukan tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sedangkan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) saat ini sedang dirumuskan, sejalan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga mengalami penyusutan dari Pemilu sebelumnya.

“Karena itu sekali lagi sebagai penyelenggara, Kami (KPU) meminta bantuan rekan-rekan media untuk sama-sama memberikan literasi yang baik kepada masyarat. Khususnya dalam menyosialisasikan tahapan da proses rekrutmen yang akan diadakan dalam waktu dekat,” demikian Ali. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER