spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Siap Kolaborasi Dukung Konektivitas Transportasi Menuju IKN

PPU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menyatakan siap untuk berkolaborasi dan mendukung konektivitas trasnportasi menuju kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang terdekat tengah dipersiapkan ialah terkait aksesibilitas dalam gelaran upacara peringatan HUT RI tahun ini.

PPU menjadi tuan rumah kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Perhubungan (Dishub) se-Kalimantan Timur Tahun 2024 di Alun-Alun Penyembolum Pemkab PPU, Selasa (14/5/2024) malam. Adapun tema yang diangkat pada Rakornis ini yaitu “Konektivitas Transportasi Kalimantan Timur yang Terintegrasi dengan IKN.”

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Makmur menyampaikan dukungan PPU dalam konektivitas transportasi untuk pembangunan IKN. “Kemampuan tentunya kan dari Kabupaten PPU, Pak Gubernur bisa memahami. Tetapi, kalau kita bersama-sama membangun, membuat kolaborasi, saya pikir tidak mustahil itu bisa dilakukan bersama-sama,” ucapnya.

Rakornis ini bertujuan untuk membangun konektivitas antara daerah penyangga dengan IKN. Ia menyebut terdapat empat daerah yang berkaitan langsung dengan IKN, yakni PPU, Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara.

“Pentingnya rapat koordinasi teknis itu untuk membantu agar pergerakan raw material, pergerakan kebutuhan pangan untuk kepentingan IKN bisa berjalan dengan baik,” jelas Akmal.

Baca Juga:   Forum UMKM Binaan PT Kideco Pamerkan Produk Lokal Paser di Festival Nondoi di PPU 2023

Ia menyebut kegiatan upacara Kemerdekaan RI yang rencana akan diselenggarakan di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang merupakan contoh awal pelaksanaan koordinasi konektivitas transportasi Kaltim dalam mendukung IKN. Pihaknya juga akan mencoba mendorong alternatif moda transportasi lain, seperti moda laut dalam pergerakan menuju IKN.

Sementara itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun optimis segala kebutuhan dalam mewujudkan rencana tersebut. Di satu sisi, ia menilai ini kesempatan yang sangat baik untuk daerah yang ia pimpin berperan penting dalam proses pemindahan IKN.

“Kita punya kesempatan emas untuk membahas konektivitas transportasi yang terintegrasi dengan Ibu Kota Nusantara. Bersama-sama, kami dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara siap mendukung langkah-langkah nyata menuju tujuan ini,” ungkapnya.

Kolaborasi dan sinergi antarinstansi menurutnya adalah kunci utama keberhasilan dalam memajukan konektivitas transportasi ke IKN. Ia meyakini dengan kerja sama yang solid, kita bisa merumuskan langkah-langkah konkret yang akan membawa perubahan positif bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya PPU.

“Saat ini, kami tengah fokus pada memikirkan solusi transportasi yang saling terintegrasi dengan wilayah IKN. Bersama-sama dengan kabupaten/kota lain yang berdekatan dengan IKN, kami akan mengusulkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan konektivitas kami,” terang Makmur.

Baca Juga:   Hadiri Rapat Persiapan, Bijak: Pekan Olahraga Sepaku Bisa Jadi Percontohan

“Saya percaya, momentum ini akan membawa dampak positif bagi sektor perhubungan di Kalimantan Timur, khususnya dalam menyongsong kehadiran Ibu Kota Nusantara. Mari bersama-sama kita wujudkan visi ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya. (ADV/*DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER