spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hanya 5 Bakal Calon Kembalikan Formulir, Partai NasDem PPU Tunggu Hasil Pleno

PPU – Pasca ditutupnya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) dari Partai NasDem, Selasa (7/5/2024). Hanya terdapat 5 bakal calon yang mengembalikan formulir, di antaranya Hamdam Pongrewa, Mudyat Noor, Desmon Hariman, Ahmad Basir, dan Nanang Ali.

Sekretaris DPD Partai NasDem PPU, Gunawan mengatakan dari 8 orang yang telah mengambil formulir, hanya 5 orang yang mengembalikan. Pihaknya sudah tidak dapat menambah waktu lagi, dikarenakan pada Senin (13/5/2024) akan segera melaksanakan Pleno di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kaltim.

“Kami sudah tutup dan tidak dapat menerima lagi, nanti setelah pleno di DPW NasDem Kaltim, setelahnya baru ke DPP Partai NasDem,” terangnya.

Gunawan jelaskan paska pleno di DPW Partai NasDem Kaltim, kemungkinan akan bertambah. Ia jelaskan dikarenakan terdapat kemungkinan calon yang mendaftar langsung di wilayah Kaltim.

“Nanti Rabu (15/05/2024) bakal calon ini akan langsung wawancara dan menjalani psikotes untuk menadapatkan rekomendasi Partai NasDem,” jelasnya.

Ia memastikan saat pleno di DPW tidak akan ada yang terseleksi, dikarenakan hal tersebut termasuk kewenangan DPP. Nantinya, para Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati PPU ini akan melewati beberapa tahapan, diantaranya seleksi berkas, wawancara, dan psikotes.

Baca Juga:   Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pokok saat Ramadan, DKP PPU Gelar Pasar Murah

“Setelah administrasi lolos, lalu akan ada psikotes. Setelahnya baru dkeluarkan rekomendasi,” tambahnya.

Gunawan jelaskan Surat Rekomendasi yang akan diterima oleh Bakal Calon ini merupakan surat tugas untuk meningkatkan popularitas dan mengkomunikasikan pasangan. Surat dikeluarkan sebelum hasil survey dari DPP Partai NasDem keluar.

“Biasanya gak ada yang dipatenkan ya, berapa pun yang diberi rekomendasi DPP, kalau pertimbangannya hasil survey ada yang terlalu kuat maka Surat Keputusan akan dipercepat,” paparnya.

Ia jelaskan surat rekomendasi pasti dikeluarkan lebih banyak jika hasil dari popularitas dan elektabilitasnya masih sama rata. Ia juga memastikan SK Penetapan Pasangan Calon dapat keluar bahkan H-1 pendaftaran, biasanya paling cepat H-2.

“Bisa jadi bahkan last minute, jadi masih banyak kemungkinan,” tegasnya.

Disinggung terkait 3 kader NasDem yang akan dibawa ke tahap selanjutnya, Gunawan mengatakan hal ini juga dapat menjadi pertimbangan lebih matang lagi untuk mendapatkan rekomendasi.

“Terlebih kan SK Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakilnya gak bisa diberikan lebih dari satu pasang kan,” pungkasnya. (NAH)

Baca Juga:   Humas Setkab PPU Santuni Anak Yatim saat Momentum Ramadan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER