spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Evaluasi APBD PPU 2024, Makmur Targetkan Realisasi Capai 95 Persen

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun sebut akan menargetkan realisasi anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 di angka 95 persen. Hal ini disampaikan usai rapat evaluasi realisasi anggaran triwulan pertama di Kantor Pemerintahan Kabupaten PPU pada Senin, 18 Maret 2024.

Makmur menjelaskan bahwa dirinya telah menekankan kepada kepala-kepala dinas betapa pentingnya realisasi anggaran untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Ia menekankan bahwa dirinya tidak ingin kejadian terkait dengan minimnya realisasi anggaran seperti tahun sebelumnya.

“Saya tidak mau mengulangi kejadian tahun lalu yang banyak silva, makanya ini di triwulan pertama saya pantau perkembangannya,” tambahnya.

Ia jelaskan di tahun sebelumnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Kabupaten PPU sangat besar. Sehingga pihaknya memantau serapan setiap dinas yang capaiannya rendah, diidentifikasi masalahnya dan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai target pada triwulan pertama.

“Secara umum, memenuhi target, tetapi memang ada beberapa kendala namun itu kendalanya bukan di masing-masing dinas, contohnya dana DAK kan harga satuannya berbeda dengan yang dibuat dengan kita, itu memang butuh waktu untuk penyesuaian karena volumenya ada yang berkurang, karena harus disesuaikan dengan standar harganya,” terangnya.

Baca Juga:   Otorita IKN Jajaki Kerja Sama Potensial Bidang Teknologi Ramah Lingkungan di Hannover Messe 2024

Belum lagi, Makmur jelaskan semua realisasi anggaran harus melalui pantauan inspektorat. Sehingga pihaknya mempersilahkan untuk dilakukan review dari proses realiasai anggaran pada triwulan pertama.

“Kan juga perlu direview di masing-masing itu kan harus dipantau inspektorat, makanya saya bilang silakan direview,”jelasnya.

Ia terangkan dari hasil rapat realisasi anggaran ini terdapat beberapa dinas yang cepat dalam penyerapannya, salah satunya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU. Hal ini dikarenakan melalui proses Memorandum Of Understanding (MoU), berbeda dengan pengerjaan fisik yang masih memerlukan proses panjang.

“Pengerjaan fisik di bulan pertama ini serapan agak rendah karena sedang mempersiapkan-dokumen-dokumen yang ada,” jelasnya.

Makmur jelaskan pada triwulan pertama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) PPU mengalami kemajuan, dikarenakan pada triwulan pertama telah melakukan prses lelang. Targetnya realisasi APBD 2024 ini yaitu 20 persen dan Pemkab PPU telah mendekati pada triwulan pertama. Menurutnya langkah evaluasi harus terus dilakukan agar dapat mengurangi SiLPA.

“Jadi memang harus dievaluasi terus, karena kan dulu repot tidak dievaluasi, tiba-tiba saja silva, sekarang kan saya enggak mau harus begitu karena dibutuhkan masyarakat. Target saya 95 persen tahun ini realisasi anggaran,” tandasnya. (NAH)

Baca Juga:   Kepala Otorita IKN Sambut City Branding PPU Serambi Nusantara
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER